Perkenalkan Nadine, Robot Multitasking yang Bersahabat!
Perkenalkan Nadine, Robot Multitasking yang Bersahabat!
19.01.2016

Nanyang Technological University (NTU) Singapore baru-baru ini merilis humanoid canggih yang bernama Nadine. Nadine merupakan robot interaktif yang memiliki kepribadian, mood, dan emosi layaknya manusia. Dibekali dengan kecerdasan setara Siri dari Apple dan Cortana dari Microsoft, Nadine sangat bersahabat, lho. Dia bisa menyapa dan mengingat nama serta percakapan yang Anda lakukan sebelumnya dengan Nadine.

Kulit cantik dan mulus seperti sekretaris kantoran
Kulit cantik dan mulus seperti sekretaris kantoran

Robot yang sangat “manusiawi"

Nadia Thalmann, creator sekaligus professor di NTU, menjelaskan bahwa Nadine didesain untuk menjadi asisten pribadi, baik di kantor maupun di rumah. Nadine juga bisa digunakan sebagai pendamping sosial bagi anak di bawah umur dan lansia. “Nadine seperti pendamping nyata yang akan selalu berada di dekat Anda dan menyadari kejadian yang Anda alami setiap waktunya. Di masa depan, Nadine bisa seperti C-3PO dari Star Wars yang memiliki pengetahuan tentang bahasa dan etika,” tambah Nadia.

Mampu mengenali wajah lawan bicaranya dengan sensor khusus
Mampu mengenali wajah lawan bicaranya dengan sensor khusus

Nadine merupakan inovasi dari robot manusia yang memakai teknologi NTU dan bisa digunakan untuk apa saja, termasuk muncul di layar TV atau komputer untuk mendampingi Anda. Robot ini diharapkan menjadi terobosan pedamping sosial yang murah. Dengan penelitian lebih lanjut pada perkembangan chip silikon, sendor dan perhitungan, Nadine nantinya diharapkan akan lebih sering B’timers temui di area perkantoran sebagai resepsionis atau asisten pribadi Anda di rumah.

Dapat menggantikan pekerja kantoran

Social robot seperti Nadine bisa menjadi solusi untuk area perkantoran guna mengurangi jumlah pekerjanya, sehingga pengeluaran untuk SDM bisa ditekan. Selain itu, Nadine juga menjadi pendamping sosial baik untuk anak di bawah umur hingga para lansia yang anggota keluarganya sibuk sepanjang hari. Bahkan, Nadine juga mampu melayani manusia di pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas di masa mendatang.

Wah, canggih sekali ya robot Nadine satu ini. Selain canggih, bentuknya yang menyerupai manusia lengkap dengan kulit halus dan rambut indahnya semakin membuat manusia lebih cepat akrab dengannya. Semoga ke depannya di Indonesia juga muncul humanoid karya anak bangsa yang dikenal dunia, ya!

Share This Article