Periscope, Aplikasi Video Streaming yang Terhubung ke Twitter | Breaktime
Periscope, Aplikasi Video Streaming yang Terhubung ke Twitter
12.09.2015

B’timers pasti sudah tidak asing dengan media sosial Twitter. Nah, pada bulan Maret lalu, Twitter membeli sebuah aplikasi live video streaming seharga $100 juta yang bernama Periscope? Tapi, apa ya Periscope ini?

Periscope adalah sebuah aplikasi live video streaming untuk iOS dan Android. Jadi, singkatnya B’timers bisa menyiarkan secara langsung kejadian yang saat ini sedang berlangsung lewat Periscope.

Aplikasi live video streaming khusus smartphone ini dibuat oleh Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein. Setelah dibeli Twitter, Periscope mulai dluncurkan ke masyarakat luas pada 26 Maret 2015 untuk iOS. Sedangkan untuk Android, Periscope baru diluncurkan pada 26 Mei 2015.

Hanya dalam waktu singkat, Periscope sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna smartphone. Lantas, apa yang membuatnya begitu digandrungi?

Aneka fitur menarik dari Periscope
Aneka fitur menarik dari Periscope

Integrasi ke Twitter

Siapa yang tak punya Twitter? Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif, termasuk para selebriti. Karena terintegrasi dengan Twitter inilah membuat nama Periscope cepat melambung. Pengguna Periscope bisa masuk, membagikan video, maupun melakukan siaran dengan akun Twitter-nya. Menarik, bukan?

Dilengkapi fitur replay

Meskipun berbasis live video streaming, Periscope juga dilengkapi dengan fitur replay. Nah, fitur ini memungkinkan video dapat ditayangkan ulang, namun hanya akan aktif selama 24 jam. Pemilik video bisa mengatur untuk menambahkan replay atau tidak ke video yang diunggahnya.

Privasi terjaga

Meskipun media sosial, privasi tentu tak kalah penting. Nah, Periscope ini dilengkapi fitur privasi yang memungkinkan pengguna membatasi siapa saja yang bisa melihat videonya. Dalam tiap video yang diunggah ada pilihan Private jika video hanya dikhususkan untuk orang-orang tertentu.

Ada fitur hearts

B’timers pasti kenal dengan ikon jempol di Facebook dan ikon hati di Instagram untuk menunjukkan rasa suka. Nah, Periscope juga dilengkapi fitur like untuk tiap posting-an yang menggunakan lambang hati berwarna-warni. Makin banyak yang memberikan like, bisa jadi video yang Anda unggah masuk ke halaman khusus berisi video favorit yang disebut ‘Most Loved’.

Aplikasi ini sangat berguna ketika B’timers menemui sebuah insiden dan bisa segera menyebarluaskannya di media sosial. Tertarik? Anda bisa mengunduh Periscope di Play Store ataupun App Store. Selamat mencoba!

Share This Article