Perbedaan Smartphone Refurbish, BM, dan Replika | Breaktime
Perbedaan Smartphone Refurbish, BM, dan Replika
01.12.2016

Apa saja sih perbedaan smartphone refurbish, BM, dan replika?. Gadget smartphone memang telah menjadi bagian dari keseharian manusia modern, dan akses Anda untuk mendapatkan smartphone-smartphone dengan tipe dan harga yang sesuai juga semakin leluasa berkat ramainya toko-toko gadget yang bermunculan. Dan mungkin Anda sering mendengar istilah-istilah seperti BM, refurbished, dan replika saat Anda bercakap-cakap dengan penjual smartphone maupun saat Anda berbelanja smartphone secara online. Ketiga jenis smartphone tersebut dijual dengan harga yang lebih murah, jadi apa saja bedanya?

Perbedaan smartphone refurbish, BM, dan replika ternyata tidak hanya dari harga saja, melainkan dari segi kualitas dan dari mana produk tersebut berasal. Yuk, simak ulasan singkat di bawah ini!

  • Smartphone Refurbished

Smartphone jenis ini adalah dijual dengan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan harga smartphone normal dengan perbandingan 50%. Hal tersebut dikarenakan smartphone jenis ini sudah tidak dalam kondisi yang baru lagi. Smartphone ini pada awalnya digunakan oleh orang lain sebelumnya, dan mengalami kerusakan saat ia masih berada pada masa garansi, yang mana kerusakan tersebut terlalu fatal dan harus mengganti komponen-komponen mesin. Sehingga, si pemilik menukarkannya dengan smartphone baru dan smartphone yang rusak tadi diperbaiki oleh service center yang resmi. 

Perbedaan Smartphone Refurbish, BM, dan Replika | Breaktime
Teliti sebelum membeli smartphone, ya!

Smartphone yang telah diperbaharui tersebut kemudian dilepas kembali ke pasar dengan penampilan yang baru dengan komponen-komponen yang telah diperbaiki.

  • Smartphone BM

BM di sini memiliki kepanjangan Black Market. Dengan kata lain, smartphone ini adalah smartphone original yang diselundupkan sehingga tidak dikenai pajak. Harga dari smartphone jenis ini lebih murah dibandingkan smartphone original dengan perbandingan 20% hingga 30% saja.

  • Smartphone Replika

Nah, smartphone jenis ini adalah produk palsu yang dibuat sangat persis dengan produk yang asli. Akan tetapi, produk smartphone ini memiliki fitur dan performa yang tidak sebaik smartphone asli, atau bahkan tidak sebaik kedua jenis smartphone di atas. Smartphone jenis replika ini pada umumnya dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Ternyata cukup banyak perbedaan smartphone refurbish, BM, dan replika, ya? Lebih teliti dan hati-hati dalam memilih gadget smartphone, yuk! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE