Zuck Nyatakan Dukungan Muslim Tragedi Prancis | Breaktime
Pendiri Facebook Nyatakan Dukungan Terhadap Umat Muslim Setelah Tragedi Prancis
11.12.2015

Setelah tragedi serangan Paris, Prancis di awal bulan November 2015 lalu, ditambah dengan beberapa penembakan brutal di Amerika Serikat juga meningkatnya serangan dan teror ISIS di Iraq dan Suriah, tentu saja hal tersebut memantik reaksi dari banyak orang yang beragama non-muslim.

Kecaman dan intimidasi terhadap para pengungsi Suriah yang masuk ke negara-negara di Eropa dan juga terhadap orang-orang Islam di Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan beberapa negara maju lainnya, terus meningkat dan memunculkan satu hal yang disebut Islamphobia.

Akan tetapi, jika B’timers mengunjungi akun pribadi milik sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pasti akan menemukan satu postingan yang sekarang ini menjadi trending dan menjadi pembicaraan banyak pihak.

Postingan apakah itu?

Dalam akunnya, Mark menuliskan rasa simpati terhadap kaum Muslim di seluruh dunia dan mengimbau kepada siapa saja yang beragama lain untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji terhadap orang-orang yang beragama Islam. Menurutnya, tidak semua orang yang beragama Islam adalah pelaku teroris atau memiliki paham yang sama dengan mereka yang gemar membunuh dan mengatasnamakan agama.

Zuck Nyatakan Dukungan Muslim Tragedi Prancis | Breaktime
Mark kirimkan pesan untuk umat Muslim di seluruh dunia

“I want to add my voice in support of Muslims in our community and around the world.

After the Paris attacks and hate this week, I can only imagine the fear Muslims feel that they will be persecuted for the actions of the others.

As a Jew, my parents taught me that we must stand up against attacks on all communities. Even if an attack isn’t against you today, in time attacks on freedom for anyone will hurt everyone.

If you’re a Muslim in this community, as the leader of Facebook I want you to know that you are always welcome here and that we will fight to protect your rights and create a peaceful and safe environment for you.

Having a child has given us so much hope, but the hate of some can make it easy to succumb to cynicism. We must not lose hope. As long as we stand together and see the good in each other, we can build a better world for all people.”

Tentu saja postingan tersebut banyak mendapatkan dukungan baik dari orang Islam atau yang beragama lain, tapi tidak sedikit pula yang memandangnya secara sinis dan berkomentar miring.

Ditambah lagi, postingan Mark tersebut seperti menenggelamkan pidato Donald Trump tentang larangan orang Islam untuk masuk ke Amerika Serikat yang juga dikecam dan ditentang banyak orang di seluruh dunia.

Menurut B’timers, apakah postingan dari Mark ini adalah pencitraan belaka ataukah benar-benar tulus? (das)

Share This Article