PDA vs Smartphone Apa Bedanya & Pilih yang Mana? | Breaktime
PDA vs Smartphone, Apa Bedanya dan Pilih yang Mana?
01.12.2015

Kecanggihan teknologi membawa kita mengikuti perkembangan zaman dengan semakin cepat. Salah satunya dalam bidang komunikasi yang kini makin dimudahkan dengan kehadiran smartphone. Nah, meski kini smartphone seakan sudah mengambil alih dunia, B’timers tentu ingat dengan PDA, yang sebenarnya sejumlah orang masih memakainya sampai sekarang.

Ya, banyak yang masih menggunakan PDA atau personal digital assistent untuk berbagai fungsi, mulai dari keperluan pribadi hingga pekerjaan. Namun, apa sebenarnya perbedaan PDA dan smartphone? Secara sederhana, smartphone adalah perangkat yang mengombinasikan fungsi PDA dan ponsel dalam satu alat. Lalu, bagaimana perbandingan keduanya?

Lebih hemat dengan PDA

Biaya pemakaian PDA umumnya lebih murah dibandingkan dengan smartphone. Meski mungkin banyak smartphone dengan harga yang lebih murah, namun untuk pemakaiannya Anda harus membayar pulsa telepon dan paket internet lainnya sesuai provider yang digunakan.

Konektivitas

Smartphone terhubung dengan jaringan seluler. Anda bisa mengakses internet menggunakan smartphone di mana saja terdapat sinyal seluler. Sementara, PDA tidak terhubung dengan jaringan seluler, sehingga konektivitas internetnya tidak sama dengan smartphone. Namun, smartphone dan PDA sama-sama dilengkapi dengan Wi-Fi dan Bluetooth. Fitur Wi-Fi memudahkan Anda mengakses internet di Wi-Fi hotspot mana saja.

PDA vs Smartphone Apa Bedanya & Pilih yang Mana? | Breaktime
PDA dan smartphone memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing yang sebenarnya mirip

“Pengorbanan” yang dibutuhkan

Smartphone memang dilengkapi fungsi terpadu yang mengemas semua fitur dalam satu perangkat. Meski PDA umumnya memiliki layar yang lebih lebar dan melegakan untuk mengakses dokumen tanpa scroll, smartphone memang lebih praktis. Hanya saja, jika sampai smartphone hilang, maka semua data penting terutama daftar kontak Anda juga akan hilang.

Software

PDA dan smartphone pada umumnya memakai OS atau operating system yang sama. Karena itulah, keduanya memiliki support untuk program software pihak ketiga yang bisa meningkatkan fungsi perangkat Anda. Anda pun bisa menggunakan perangkat Anda dengan fungsi optimalnya.

Jadi, sebenarnya smartphone dan PDA sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak ada perangkat yang sempurna dan memiliki fitur lengkap selengkap-lengkapnya. Dengan mengetahui garis besar spesifikasinya, B’timers bisa memutuskan mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. (md)

Share This Article