Orang Ini Berhasil Mengubah Hidup Kaum Difabel | Breaktime
Orang Ini Berhasil Mengubah Hidup Kaum Difabel Dunia
28.02.2016

Difabel atau disabilitas adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami kelainan secara genetik yang berdampak cukup besar terhadap tubuh. Difabel sendiri dibagi menjadi beberapa klasifikasi seperti tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunadaksa, tunalaras, tunalaras mental, tunagrahita, dan tunaganda.

Masing-masing klasifikasi memiliki pengertian yang berbeda seperti tunanetra yang berarti dia tidak dapat melihat dan tunarungu yang artinya tidak bisa mendengar. Seperti yang sudah dijelaskan, karena disabilitas seseorang sering mendapatkan perlakuan berbeda. Berbeda di sini biasanya bukan mengarah ke khusus, melainkan bullying.

Padahal, anak-anak dengan disabilitas memiliki tekanan mental dan kesedihan yang mendalam. Seharusnya, anak-anak dengan disabilitas ini dimotivasi dan diberi perhatian khusus. Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu bernama Mindy Scheier yang merupakan seorang designer baju terkenal.

Ia memilikis seorang anak yang menderita disabilitas sejak kecil. Oliver, anak dari Scheier ini memiliki sebuah penyakit langka bernama Muscular Dystrophy. Muscular Dystrophy adalah sebuah kondisi dimana otot seseorang mengalami penurunan fungsi serta massanya secara perlahan.

Orang Ini Berhasil Mengubah Hidup Kaum Difabel | Breaktime
Mindy Scheier, seorang designer hebat yang membuat bahagia pasien difabel

Akibatnya, pasien secara perlahan akan kesulitan menggerakan otot yang ada pada tubuhnya. Penyakit ini bisa dideteksi pada seorang anak saat berusia 3 tahun. Bagi mereka yang menderita penyakit ini, kemungkinan besar pada usia 12 tahun ia akan kesulitan untuk berjalan.

Hal tersebutlah yang terjadi pada Oliver, ia saat ini sudah mengalami penurunan fungsi otot bagian tangannya. Scheier yang mengetahui hal tersebut tak tega melihat kondisi anaknya. Oliver yang awalnya periang, setelah mengetahui kondisi tubuhnya seperti itu mulai merasa sedih dari hari ke harinya.

Tak ingin hal ini terus berlarut, Scheier segera mengambil tindakan. Ia ingin mengembalikan keceriaan putranya tersebut. Akhirnya ia pun berkreasi dengan keahliannya dalam membuat pakaian. Ia membuat sebuah pakaian khusus yang bisa digunakan dengan mudah oleh mereka yang memiliki disabilitas.

Pakaian tersebut memiliki teknologi khusus di mana saat dikenakan hanya perlu disentuh saja sudah menempel dengan baik. Selain itu, design baju dari Scheier juga sangat menarik sehingga yang mengenakannya tampak lebih berkharisma. Akhirnya anaknya bisa kembali tersenyum dan bangga bahwa dirinya bisa terlihat normal seperti anak-anak lainnya.

Ternyata, kemampuan dari Scheier ini didengar banyak orang. Akhirnya ia membuat sebuah grup yang berisikan khusus mereka yang memiliki disabilitas. Grup tersebut ternyata banyak diminati dan Scheier pun makin kreatif dalam membuat busana khusus serta designnya yang menarik.

Jadi bagaimana B'timers, menurut Anda perjuangan ibu dari Oliver ini sangat menginspirasi, bukan? (wsu)

Share This Article