Oh, Ternyata Ini Alasan Whatsapp Diblokir China | Breaktime
Oh, Ternyata Ini Alasan Whatsapp Diblokir China
06.10.2017

Beberapa bulan belakangan, negara kita dihebohkan dengan isu bahwa pemerintah bakal menutup akses terhadap social media platform seperti Facebook dan Instagram. Kabarnya, keputusan tersebut  diambil untuk mempersempit gerakan orang-orang yang menyalahgunakan kebebasan berekspresi di internet dengan menyebarkan berita-berita hoax yang mengganggu ketentraman publik. Terlepas dari public uproar yang terjadi, sepertinya peraturan tersebut baru sekadar rencana. Jadi, sampai saat ini kita masih bisa mengakses akun media sosial kita.

Lain di Indonesia, lain di China. Bulan September lalu, Negara Tirai Bambu ini mengambil keputusan untuk memblokir aplikasi Whatsapp  sehingga mengakibatkan warga negara Cina tidak dapat mengakses aplikasi chatting itu. Wah, apa yang sedang terjadi ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Alasan di Balik Boomingnya Smartphone Vivo V7+

Alasan Dibalik Pemblokiran Whatsapp

Diblokirnya Whatsapp disinyalir memiliki unsur politik dimana pemerintah China saat ini yaitu Presiden Xi Jinping benar-benar serius dalam usahanya untuk mengontrol arus informasi online yang mengalir dari dan ke negara China, terutama dengan semakin dekatnya tanggal diselenggarakannya Kongres Partai yang ke-19.  

FYI, kongres yang diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober mendatang adalah acara  yang sangat penting. Alasannya adalah karena pada kongres tersebut akan ditentukan nama kandidat pemimpin tertinggi. Jadi ya, wajar saja presiden China jadi super giat dalam menggalakkan censorship untuk mencegah munculnya berita-berita kontroversial.  

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bersiap Menanti Rilisan Google Pixel 2 dan 2 XL

Dan sebenarnya, Whatsapp bukanlah aplikasi sosial online yang pertama (dan pastinya bukan yang terakhir) yang diblokir oleh pemerintah China. Throwback di tahun 2009 lalu, platform media sosial Facebook dan Instagram juga didepak keluar dari China bersama dengan sosial media lain seperti Pinterest, dan lain sebagainya. Dan terlepas dari usaha pendiri Facebook untuk merayu pemerintah China, Presiden Xi Jinping bergeming dari membuka blokirannya terhadap Facebook, dan pada ujungnya China memblokir Whatsapp yang notabene merupakan aplikasi turunan dari Facebook.

Surprisingly, satu-satunya yang merasa berkeberatan dengan keputusan pemerintah ini hanyalah para pelaku bisnis. Sedangkan mayoritas warga masyarakat terlihat tidak terlalu terpengaruh, karena memang kebanyakan masyarakat China lebih menyukai platform media WeChat. Dan yang jelas, pemerintah China pun menyukai media chatting tersebut karena mereka dapat memantau langsung pertukaran informasi pada aplikasi tersebut. 

Oh, Ternyata Ini Alasan Whatsapp Diblokir China  | Breaktime
Bisa bayangkan seandainya terjadi di Indonesia?

Negara Musuh Internet

China bukanlah satu-satunya negara yang aktif banget dalam memblokir situs-situs medsos lho, B’Timers. Selain China ada beberapa negara yang sebegitu ketatnya dalam mengatur arus informasi online sampai dijuluki “internet enemies”. Salah satunya adalah negara Vietnam. Walaupun tidak seganas China, pemerintah Vietnam sempat memblokir situs Facebook di tahun 2016 lalu.

Tepatnya, saat Presiden Obama melaksanakan kunjungan politik ke negara tersebut. Beberapa pihak berpendapat kalau alasan dibalik pemblokiran tersebut adalah untuk membungkam para aktivis HAM yang pastinya bakal memanfaatkan momentum tersebut untuk menyuarakan tuntutan mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Xiaomi Mi A1 Kloningan iPhone 7 Plus, Benarkah?

Tahun 2009 sepertinya jadi tahun yang apes untuk Facebook, karena tidak hanya situs tersebut diblokir oleh China, tapi juga oleh negara Iran yang turut memblokir Twitter dan situs Youtube. Alasan dari pemblokiran tersebut adalah untuk meredam aksi demonstrasi menjelang pemilihan presiden. Hanya saja,pemblokiran tersebut hanya bersifat sementara, dan hanya memblokir konten-konten tertentu yang berpotensi mengakibatkan situasi politik memanas. Dan pada akhirnya, di awal bulan Januari tahun 2010, Iran mengangkat pemblokiran tersebut.

Tidak ketinggalan, Negara Korea Utara juga turut membatasi akses informasi bagi para warganya. Sejak tahun 2016, Korea sudah memblokir total media Facebook, Youtube, dan Twitter. Pemblokiran tersebut bahkan menular ke bagian Korea Selatan, walaupun terdengar kabar bahwa peraturan di Korsel jauh lebih longgar dengan tersedianya situs media sosial yang dirancang oleh pemerintah sendiri.

Hmmm, jangan sampai deh negara Indonesia jadi salah satu negara yang memblokir situs media sosial. Yuk, biasakan bijak menggunakan media sosial mulai dari sekarang. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE