Napak Tilas Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas | Breaktime
Napak Tilas Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas
09.05.2017

Ketika melihat hal-hal di sekitar, pernahkah Anda bertanya-tanya dari mana tanaman berasal? Mengapa bernama tanaman? Mengapa BBM bisa membuat mobil berjalan? Pasti juga masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang terlintas. Tapi, pernahkah Anda memikirkan tentang lampu lalu lintas? Lampu dengan tiga warna ini memang sangat sederhana, namun manfaatnya sangat besar. Hanya dengan tiga warna, merah, kuning, dan hijau, lampu ini mampu membuat persimpangan menjadi lebih teratur.

Kemacetan lalu lintas sejak ditemukan kendaraan, menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri masyarakat juga sangat bergantung dengan kendaraan bermotor. Lalu, siapa yang memiliki inisiatif untuk membuat lampu lalu lintas?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Misterius, Penemuan-Penemuan Ini Bikin Merinding!

Sudah pasti tak ada hubungannya dengan Indonesia. Kali ini Breaktime akan membawa Anda terbang ke London di masa lalu. Dulu, Eropa menggunakan kereta kuda atau berjalan kaki untuk bepergian, termasuk kota London. Lampu lalu lintas dibuat rupanya mengadaptasi metode semapur yang digunakan kereta api untuk mengontrol lalu lintas di jalan raya waktu itu. Metode ini ditemukan oleh manajer kereta api, yaitu John Peake Knight.

Akhirnya dipasang tanda Stop dan Go di siang hari dan malam hari. Saat itu hanya lampu merah dan hijau yang digunakan. Nah, yang digunakan adalah lampu gas. Jadi, ada petugas yang ditempatkan di dekat lampu tersebut untuk mengoperasikan.

Itulah sinyal lampu lalu lintas pertama yang dipasang pada 9 Desember 1868 di persimpangan Bridge Street dan Great George Street di wilayah Westminster, London dekat dengan House of Parliament dan Westminster Bridge.

Napak Tilas Siapa Penemu Lampu Lalu Lintas | Breaktime
Sejarah panjang tentang penemu lampu lalu lintas
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Dunia Berubah Sejak 5 Penemuan Bangsa China Ini!

Sayangnya setelah satu bulan digunakan, seorang petugas terluka parah akibat kebocoran gas yang menyebabkan lampu meledak. Proyek ini pun dinyatakan berbahaya utnuk masyarakat. Namun, empat dekade kemudian, lampu lalu lintas ini digunakan kembali, khususnya Amerika. Tepat pada tahun 1990an, beberapa hak paten tentang lampu lalu lintas ini pun banyak diajukan.

Sebelumnya pada tahun 1910, seorang penemu Amerika, Ernest Sirrine mengenalkan sebuah sinyal lalu lintas otomatis di Chicago. Sinyal ini menggunakan dua lengan tak bercahaya dan diatur seperti salib serta berotasi pada satu sumbu. Sinyal tersebut menampilkan Stop dan Proceed.

Di tahun 1912 ada lagi yang berhasil menemukan sinyal lampu lalu lintas, yaitu Lester Farnsworth Wire. Ia adalah seorang polisi di Salt Lake City yang membuat lampu lalu lintas menyerupai sarang burung dengan empat sisi dan terpasang pada tiang yang tinggi. Benda tersebut diletakkan di tengah-tengah persimpangan dan dioperasikan dengan kabel listrik di udara dan ada petugas yang mengaturnya secara manual.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Ini Sang Penemu Tongsis Sebenarnya!

Namun, hak paten menjadi milik James Hoge pada 1918, setelah ia mengajukan permohonan pada 1913. Sinyal lampu rancangannya ini memiliki tanda Stop dan Move. Lampu ini dipasang pada setiap persimpangan di Cleveland. Sistem ini menggunakan kabel, sehingga polisi dan departemen pemadam kebakaran bisa menyesuaikan lampu untuk kasus darurat.

Sampai akhirnya karena perebutan hak paten tersebut, setiap inci perkembangan pada lampu lalu lintas dipatenkan. Hingga kini kita mengenal lampu lalu lintas dengan tiga warna dan bahkan ada juga lampu untuk para pejalan kaki. Lampu lalu lintas otomatis dengan tiga warna ditemukan oleh William Potts pada tahun 1920, sedangkan untuk lampu pejalan kaki, dikembangkan oleh John S. Allen pada tahun 1930an.

Jadi itulah sedikit sejarah singkat tentang siapa yang sebenarnya menemukan lampu lalu lintas yang kini memiliki banyak sekali manfaat untuk kondisi jalanan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE