MJI Robotics: Lucunya Humanoid Robot dari Jepang | Breaktime
MJI Robotics: Lucunya Humanoid Robot Terbaru dari Jepang
10.12.2015

Semakin hari, teknologi makin memudahkan kehidupan manusia. Mulai dari beragam alat elektronik yang makin canggih, hingga diciptakannya inovasi baru yang mencengangkan, salah satunya dalam dunia robotik.

Ya, robot bukan lagi teknologi yang hanya ada di film maupun novel. Banyak perusahaan di dunia yang sudah menciptakan robot humanoid dengan kemampuan beragam, salah satunya bisa menggantikan pekerjaan manusia. Di Jepang, sudah banyak robot humanoid yang ‘bekerja’ di tempat pelayanan publik seperti museum ataupun bandara.

Awal tahun ini, Softbank Company baru saja merilis robot humanoid bernama Pepper yang langsung terjual habis beberapa menit setelah dipublikasikan. Dan kini, Sotbank kembali memperkenalkan robot terbarunya yang lebih imut dan fleksibel.

Diberi nama MJI Robotics (More Joyful Innovation), robot mungil berbentuk telur in pertama kali diperkenalkan dalam International Robot Exhibition 2015 di Tokyo. Robot ini memiliki layar berukuran 5 inchi yang dibentuk meyerupai mata. Selain berfungsi sebagai kamera, layar ini juga bisa menunjukkan file foto, informasi cuaca, serta berita. Akan diperkenalkan secara resmi ke publik pada awal 2016 nanti, robot ini kabarnya juga akan memiliki fungsi seperti telepon.

Karena ukurannya yang mungil robot ini bisa diletakkan di atas meja kerja. Dengan berat 3 kg, robot ini makin menarik karena dilengkapi Wi-Fi dan 4LTE. Ada juga kamera yang mampu mengenali gerakan serta wajah.

Pada dasarnya, robot ini difungsikan mirip dengan kamera CCTV, yaitu untuk merekam aktivitas di suatu tempat yang bisa diakses melalui lokasi lain. Dengan bentuknya yang lucu, robot ini juga diharapkan bisa lebih dekat dengan anak-anak melalui fitur story-telling yang akan disematkan.

Meski masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, diperkirakan bentuk menyerupai telur ini akan menjadi desain terakhir dari MJI Robotics. Sayangnya, MJI Robotics hanya ditargetkan untuk pasar Jepang. Namun seiring kepopulerannya, siapa tahu robot mungil ini juga akan dipasarkan secara internasional dan dijual di Indonesia ya, B’timers?

Share This Article