Mirip Snapchat, Fitur Ini Hanya Ada di Instagram | Breaktime
Mirip Snapchat, Fitur Ini Hanya Ada di Instagram
03.09.2016

B’timers pasti sedikit heran saat kemarin Instagram meng-update fitur terbarunya mirip dengan Snapchat, yaitu Stories. Hingga kini pun “plagiarisme” ini masih juga jadi hot topic. Apalagi Instagram tetap tidak mengganti fitur Stories-nya. Namun, untuk membedakan fiturnya dengan Snapchat, ada sedikit pembaruan fitur di Instagram.

Di Instagram, Anda bisa memakai tab Explore atau Jelajahi untuk menemukan Stories atau Cerita dan mengikuti akun yang mem-posting-nya. Jadi, pada bagian atas tab Explore, pengguna akan bisa melihat saran cerita. Ini berdasarkan pada aktivitas Instagram Anda, termasuk siapa yang Anda ikuti dan topik yang menarik bagi Anda.

Baca juga : BIKIN CAPTION INSTAGRAM MENARIK? INI TRIKNYA!

Jadi, mirip seperti News Feed di Facebook, tab Jelajah di Instagram ini dikuratori oleh sebuah algoritme, yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak personalisasi. Fitur di Instagram, tab Explore alias Jelajah ini, disebut sangat laris dan banyak dikunjungi pengguna. Menurut Instagram sendiri, setiap harinya ada 100 juta orang yang mengunjungi tab ini, dan angka tersebut adalah seperlima dari 500 juta pengguna Instagram, demikian dilansir TechCrunch.

Mirip Snapchat, Fitur Ini Hanya Ada di Instagram | Breaktime
Fitur Instagram semakin lengkap

Selain itu, Instagram sendiri ingin meningkatkan jumlah audience yang lebih besar untuk menambah fungsi Stories atau Cerita. Hm, lalu apakah Snapchat harus khawatir? Mungkin tidak untuk saat ini, karena laju pertumbuhan angka pengguna ini tak mungkin langsung terjadi dalam waktu dekat.

Namun, jika fitur di Instagram yakni Stories ini terus gencar dipromosikan, dan makin banyak pengguna yang memakainya, bukan tak mungkin orang-orang akan berpikir-pikir lagi, untuk apa memakai dua aplikasi sekaligus yang fungsinya sama saja? Dan saat itu terjadi, pasti hal tersebut akan jadi kekhawatiran tersendiri bagi rival yang lebih sedikit penggunanya. Apakah itu Instagram? Ataukah Snapchat? Menurut B’timers? (md)

Share This Article