Meski Produk Lama, Ini Harga Iphone 4 Sekarang! | Breaktime
Meski Produk Lama, Ini Harga Iphone 4 Sekarang!
27.07.2017

Meski telah diluncurkan pada 2010 silam dan tak lagi diproduksi secara massal  alias discontinued, iPhone 4 masih merupakan salah satu keluaran raksasa teknologi Apple yang paling banyak dicari. Sekilas nampak serupa, iPhone 4 dan iPhone 4s sebenarnya memiliki beberapa fitur yang jauh berbeda dan perlu Anda pertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk membeli. iPhone 4 terlebih dahulu secara resmi keluar di pasaran pada 24 Juni 2010, kemudian disusul oleh iPhone 4s yang dirilis pada 4 Oktober 2011, sehari sebelum meninggalnya Steve Jobs, mantan CEO dan co-founder Apple. Walaupun dengan tampilan fisik yang serupa, tidak bisa dipungkiri bahwa iPhone 4s memiliki spesifikasi yang lebih unggul, dengan harga iPhone 4 yang juga jauh lebih murah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Setelah 32 Tahun,Microsoft Paint Harus Berpulang

Seperti biasa, B’timers, huruf “S” dalam nama seri iPhone merupakan rujukan Apple bagi speed. Artinya, iPhone 4s memiliki kecepatan yang secara signifikan lebih tinggi dari iPhone 4, yang dihasilkan dari prosesor Apple A5 pada iPhone 4s yang juga merupakan prosesor yang pertama kali dipakai pada iPad 2. Hal tersebut menghasilkan performa yang berbeda dari iPhone 4 yang menggunakan prosesor A4 yang terdiri dari sebuah CPU 1GHz ARM Cortex-A8 serta Hummingbird core dan PowerVR SGX 535 graphics processor GPU dan dukungan RAM 512MB. Sementara itu, prosesor A5 pada iPhone 4s merupakan chip yang menggunakan prosesor dual-core 1GHz ARM Cortex-A9. Untuk performa grafis Apple upgrade ke dual-core PowerVR SGX543MP2 GPU dengan tetap mempertahankan RAM 512 MB. Berdasarkan konfirmasi resmi dari perwakilan Apple sendiri, CPU pada iPhone 4S berkekuatan 2x lebih tinggi daripada pendahulunya serta GPU yang bisa beroperasi 7x lebih cepat dari iPhone 4.

Meski harga iPhone 4 jauh lebih murah dari iPhone 4s, iPhone 4 tersedia dalam 2 jenis berbeda, yakni iPhone 4 GSM dan iPhone 4 CDMA. Sebaliknya, iPhone 4s hanya dapat digunakan dengan kartu GSM.  Berdasarkan bobot, iPhone 4 sedikit lebih ringan daripada iPhone 4S, meski memiliki ukuran yang sama persis yakni 115.2 x 58.6 x 9.3mm. Perlu B’timers ketahui juga bahwa ukuran layar kedua seri iPhone tersebut juga sama persis, yakni 3.5 inci, 960x640px, serta fitur LCD dengan IPS. Kedua seri ponsel tersebut juga memiliki pixel density yang cukup tinggi, 326 ppi.

Meski Produk Lama, Ini Harga Iphone 4 Sekarang! | Breaktime
Harga iPhone 4 dan 4s masih mempesona
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow, Sudah Ada “Food Porn” Sejak 500 Tahun Lalu

B’timers tentu sepakat bahwa ponsel keluaran Apple ini selalu unggul dari semua lini ponsel dunia dalam segi kualitas kamera. iPhone 4 dilengkapi dengan kamera belakang 5MP dan kamera depan VGA serta video 720p, yang kemudian dikembangkan menjadi kamera depan 8 MP dan video 1080p. Kamera 8MP iPhone 4s tersebut juga lebih unggul karena mampu menyelesaikan proses memotret dalam waktu 1 detik saja. Di samping megapixel yang bukan merupakan satu-satunya penentu kualitas gambar dan video yang diambil, kualitas optik pada iPhone 4s juga telah diperbaiki dengan cara membuka maximum aperture dari f/2.8 ke f/2.4. iPhone 4s pada dasarnya memiliki keunggulan berupa kamera yang lebih tajam untuk pengambilan gambar dalam pencahayaan minim, yang dihasilkan dari teknologi image sensor yang mampu menyerap 73% cahaya secara lebih banyak. Selain itu, kamera iPhone 4s juga dilengkapi dengan fitur face detection, stabilization, serta noise reduction.

Dari segi daya tahan baterai, iPhone 4s terbukti jauh lebih unggul dari iPhone 4. Berikut rinciannya:

– iPhone 4S: 8 jam 3G talk time
– iPhone 4: 7 jam 3G talk time

Meski sama-sama memiliki sistem operasi iOS 5, iPhone 4s jauh lebih canggih dari iPhone karena dilengkapi dengan fitur voice controller system bernama Siri. Sebagai asisten pribadi Anda, Siri dapat diperintahkan untuk membalas SMS, mencari restoran terdekat, serta berbagai hal lain hanya dengan berbicara pada Siri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Salah, Ini Harga iPhone 5 dan Spesifikasi

Terakhir, iPhone 4s memiliki memori yang 2x lebih besar dari iPhone 4, yakni sebesar 64GB. Dengan seluruh kualitas iPhone 4s yang jauh lebih unggul dari iPhone 4 tersebut, iPhone 4s dibanderol sebesar $770, jauh lebih mahal dari harga iPhone 4 yang “hanya” dipatok sekitar $549, yang tentunya akan terbayarkan oleh berbagai kecanggihan fiturnya.

B’timers, itu tadi ulasan mengenai perbandingan spesifikasi iPhone 4 dan iPhone 4s. Anda tentu mengetahui bahwa iPhone 4 dan iPhone 4s memang bukan generasi iPhone yang paling mutakhir. Tapi jangan khawatir, B’timers. Apabila kali ini Anda akan menggunakan iPhone untuk pertama kalinya, iPhone 4 atau iPhone 4s merupakan pilihan yang cerdas dan ekonomis. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE