Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | Breaktime
Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler
18.02.2016

Apabila dikilas balik kembali, kemajuan teknologi khususnya telekomunikasi dimulai dari ditemukannya telepon. Awalnya manusia tidak menyangka bahwa manusia bisa berkomunikasi jarak jauh hanya bermodalkan sebuah rakitan pemancar dan penerima data saja. Seiring berjalannya waktu, mulailah dikembangkan telepon ini menjadi sesuatu yang lebih berguna.

1G The First Generation

Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | Breaktime
Di generasi ini, sistem analog masih digunakan untuk berkomunikasi

Dulu, penggunaan telepon tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk menghubungi seseorang, Anda harus melalui penghubung dan memintanya untuk menyambungkan ke nomor yang Anda tuju. Namun, setelah generasi satu tercipta hal terebut tidak dibutuhkan lagi. Semuanya serba otomatis dan saat melakukan telepon Anda akan langsung terhubungan dengan nomor dituju.

2G The Second Generation

Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | Breaktime
CDMA dan GSM adalah teknologi yang digunakan di generasi ini

Di generasi kedua ini, barulah dunia mulai mengenal GSM dan CDMA. Pada generasi ini perubahan sangat banyak terjadi seperti dari segi kejernihan suara, keamanan yang makin terjaga, dan kapasitas bertambah besar. Generasi kedua ini juga memiliki fitur CSD yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat meskipun pada saat itu kecepatannya hanya 14.4 kbps. Namun hal ini lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Perkembangan tidak berhenti di situ saja. Generasi kedua berkembang menjadi generasi 2.5G dengan tambahan GPRS. GPRS (General Packet Radio Service) memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan cepat. Perkembangan kecepatannya meningkat yaitu 115 KBPS.

3G Third Generation

Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | Breaktime
GPRS semakin memudahkan pengguna ponsel dalam melakukan transfer data

Di generasi ini telah hadir teknologi UMTS yang membuat akses internet pada perangkat telepon semakin cepat. Kecepatan akses internet di generasi ini adalah 480 kbps. Beberapa waktu kemudian riset untuk perkembangan dilakukan untuk mengembangkannya.

Generasi 3.5 menghadirkan HSDPA yang mampu memberikan kecepatan transfer data lebih cepat dari 3G. Bahkan, dalam waktu singkat, kecepatan HSPDA pun diperbaharui lagi. EVDO rev A adalah hasil terakhir generasi 3.5G dengan kecepatan data 10 kali lebih cepat.

4G The Fourth Generation

Menilik Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | Breaktime
Kecepatan transfer data generasi keempat di sini mencapai 1GBps

Generasi selanjutnya adalah 4G atau generasi keempat. Teknologi ini sudah digunakan dibeberapa provider yang menyediakan layanan internet dengan kecepatan 1GBps. Teknologi tersebut menurut IEEE, Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah 3G and Beyond.

Selain itu, perkembangan 4G juga terjadi dari segi pemancarnya. Di generasi ketiga, hampir di setiap penjuru pulau dihubungkan dengan kabel fiber berpuluh-puluh kilometer agar setiap titik terhubung. Untuk 4G, kabel fiber digantikan dengan 1 titik pemancar namun bisa merata ke segala penjuru.

Itulah perkembangan teknologi telepon seluler beserta jaringan dari waktu ke waktu. Menurut pakar teknologi, ke depannya manusia akan semakin dimudahkan dengan kemajuan alat komunikasi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi ini? (wsu)

Share This Article