Informasi umum, biografi, berita teknologi, aplikasi terbaru
Menguak Sarahah Yang Menggemparkan Dunia Maya
04.09.2017

Media sosial Tanah Air kembali ramai dengan kehadiran layanan online baru yang bertajuk Sarahah. Hal ini mulai banyak diperbincangkan oleh netizen karena banyaknya pengguna Instagram yang mengunggah screenshot profil Sarahah mereka di Instagram Stories. Bahkan sama halnya ketika demam Ask.fm, para pengguna Instagram juga membagikan link profil Sarahah mereka pada biografi Instagram.

Sarahah pun tak hanya melejit melalui Instagram, tetapi juga menjadi buah bibir di Twitter. Tetapi apakah B’timers sudah tahu tentang desas-desus ini? Apa itu Sarahah? Bagaimana fiturnya dan apa bedanya dengan Ask.fm?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terobosan Nokia Melahirkan Hp Android Terbaru

Sarahah sendiri merupakan aplikasi messaging baru yang dibuat oleh vendor asal Arab Saudi. Nama Sarahah pun memiliki makna dalam bahasa Arab yaitu candor and honesty atau tegas dan jujur. Intinya, dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan Anda bisa memberikan opini jujur pada orang-orang terdekat dan bersifat anonim. Fungsi aplikasi ini adalah untuk kehidupan sehari-hari. Baik dalam dunia pekerjaan untuk menggali potensi diri ataupun untuk pertemanan dengan mengevaluasi karakter diri dan mengetahui apa yang tidak disukai oleh orang lain.

Bagaimana cara menggunakan Sarahah?

Mulai sekarang ini Anda bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple Store. Setelah Anda sukses mengunduh aplikasi ini, nantinya akan diminta untuk mengisi username, nama lengkap, e-mail, serta password. Sama seperti ketika Anda membuat sebuah akun media sosial sebelumnya.

Nah, setelah selesai membuat akun, Anda akan melihat ada empat tab berupa Messages, Search, Explore, dan Profil. Messages digunakan untuk melihat pesan yang Anda terima atau yang Anda kirimkan ke orang lain. Anda juga bisa memilih pesan-pesan masuk yang disukai ke dalam kategori Favorite.

Fitur Search digunakan untuk mencari teman yang bergabung dengan layanan online ini. Explore masih menjadi fitur yang belum berfungsi. Kalau untuk profil jelas Anda sudah tahu.

Menguak Sarahah Yang Menggemparkan Dunia Maya | Breaktime
Sarahah menggemparkan dunia maya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuak Alasan Hp Xiaomi Terbaru Lebih Murah!

Lalu, apa bedanya dengan aplikasi lain seperti Ask.fm?

Nama layanan onlines dan aplikasi baru ini memang sedang mengguncang dunia maya Tanah Air dan bahkan seluruh dunia. Bahkan tak sedikit yang membandingkan aplikasi ini dengan aplikasi lain, salah satunya Ask.fm.

Keduanya sebenarnya memiliki kesamaan dalam hal menjunjung sifat anonimitas. Ya, meskipun Ask.fm juga bisa menunjukkan profil penggunanya. Kedua layanan ini juga menjadikan kolom pesan sebagai fitur utama.

Tetapi, perbedaannya bisa dilihat dari segi tujuan dan mekanisme kedua aplikasi ini. Sarahah bertujuan untuk memediasi orang-orang terdekat agar saling bertukar opini yang jujur, baik berupa saran, kritik, ataupun pujian. Untuk sifat anonimnya digunakan agar seseorang tak segan memberi masukan dan tak perlu takut jika orang terdekat mereka merasa tersinggung. Dari situ, orang yang diberi kritikan bisa mengenali kekuatan dan potensi diri.

Sedangkan untuk Ask.fm, para penggunan akan saling memberi pertanyaan tentang apa saja. Jadi, mereka tidak akan bertukar saran untuk saling meningkatkan kapasitas diri. Layanan ini sangat digandrungi oleh anak-anak muda. Bahkan tak jarang dijadikan sebagai layanan bertanya masalah percintaan, pendidikan, atau hobi. Tapi tetap saja ada kasus bully dengan topeng anonim.

Selain itu, Sarahah juga tak bisa merespon kritikan yang diterima. Kalau di Ask.fm, Anda bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh user lain.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengapa Uang Tak Dicetak Sebanyaknya & Dibagikan?

Meski terbilang baru, Sarahah tak hanya ramai menjadi buah bibir karena rasa penasaran kaum milenial, melainkan juga karena adanya penindasan maya yang dilakukan oleh oknum yang tak pernah bisa bijak menggunakan media sosial. Well, bagaimanapun dan apapun media sosial yang digunakan, berusahalah untuk meminimalisir cyber crime yang merugikan banyak orang, termasuk sang pelaku sendiri.

Jadi, apakah Anda masih penasaran dengan Sarahah? Untuk membunuh rasa penasaran, Anda langsung saja download aplikasinya di Google Play Store atau Apple Store. Tetapi ingat, jadilah pengguna medsos yang cerdas! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE