Mengenang Beatrice Tinsley Sang Astronom Besar | Breaktime
Mengenang Beatrice Tinsley Sang Astronom Besar
27.01.2016

Hari ini, tepatnya tanggal 27 Januari adalah salah satu hari spesial, hari lahir seorang ilmuan terkenal yang berhasil menciptakan karya-karya besar untuk dunia. Ilmuan tersebut adalah Beatrice Tinsley yang merintis karirnya sebagai seorang ahli perbintangan. Semasa perjalanan hidupnya, Tinsley sudah menyumbangkan banyak jasa pada ilmu pengetahuan.

Namun, meskipun banyak sekali yang sudah ia lakukan untuk ilmu pengetahuan, kehidupannya ternyata tidak begitu baik. Cukup banyak hal yang mungkin Anda atau kebanyakan orang belum ketahui tentang siapa Tinsley sebenarnya. Oleh karena itu, kali ini Breaktime mengulas fakta-fakta seputar Breatrice Tinsley :

1. Teori yang membuka mata dunia

Tinsley, menurut penjelasannya, berhasil memetakan apa saja yang terjadi di galaksi dari waktu ke waktu melalui perhitungannya. Tinsley mengatakan waktu dan galaksi itu terhubung dan meskipun banyak teori yang mengatakan benda langit sulit untuk ditebak, namun Tinsley berhasil mengkalkulasi umur galaksi.

2. Temuannya mempengaruhi teori "Big Bang"

Big bang atau yang disebut dengan ledakan besar adalah sebuah teori asal mula terciptanya alam semesta. Tinsley dalam penelitiannya mengatakan teori ini benar dan ia juga bisa memetakan seberapa besar dan jauh semesta ini terbentuk.

Mengenang Beatrice Tinsley Sang Astronom Besar | Breaktime
Di balik senyumnya, kisah Tinsley tidak semanis yang dibayangkan

3. Demi karir, ia mengorbankan keluarga

Ia yang hidup bersama suami serta 2 anak adopsinya merasa bingung untuk membagi waktu antara merawat anak, melanjutkan penelitian dan mengajar. Untuk kegiatan mengajar dan penelitian ia tidak merasa kerepotan, namun dengan adanya buah hati ia merasa terbebani. Oleh karena itu Tinsley memilih untuk berpisah dengan pasangannya demi pekerjaan di Universitas Yale.

4. Tinsley dan kanker

Akibat depresi, rasa bersalah, dan trauma yang dialami membuat Tinsley rentan. Hingga akhirnya ia terserang penyakit pembunuh, yaitu kanker. Tepatnya, pada tanggal 23 maret 1981 ia menutup usia dengan segudang karya yang sudah ia ciptakan. Untuk menghormati sang ilmuan, abu dari Tinsley dimakamkan di halaman Universitas tempat ia bekerja.

5. Pendiri New Zealands Nation Youth Choir

Meskipun namanya dikenal sebagai astronom ternama dengan teori-teorinya seputar galaksi, ternyata ia menaruh hati untuk seni musik. Ia yang tertarik dengan musik akhirnya mendirikan yayasan New Zealands Nation Youth Choir.

Itulah 5 fakta menarik seputar Beatrice Tinsley yang jarang diketahui orang. Hari ini adalah hari peringatan kelahirannya, yakni tepat pada tanggal 27 Januari, B’timers. (wsu)

Share This Article