Mengenal Lebih Dekat Kacamata Gerhana Matahari | Breaktime
Mengenal Lebih Dekat Kacamata Gerhana Matahari
08.03.2016

Gerhana Matahari Total atau disebut GMT merupakan fenomena luar biasa yang amat menakjubkan. Tahun ini, tepatnya 9 Maret 2016, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan secara langsung Gerhana Matahari yang begitu menakjubkan. Namun, agar lebih aman sebaiknya kenakan kacamata Gerhana Matahari atau solar Eclipse glasses.

Fungsi Kacamata Gerhana Matahari

Mengenal Lebih Dekat Kacamata Gerhana Matahari | Breaktime
Kacamata Gerhana Matahari buatan anak negeri

Kacamata gerhana Matahari, terbuat dari alat khusus yang dapat melakukan filter terhadap cahaya Matahari. Setidaknya, untuk mengamati gerhana Matahari, filter harus mampu menyaring hingga sepersepuluh ribu cahaya matahari yang masuk ke bumi agar tidak merusak mata. Saat ini, filter ND 5, filter untuk las dengan kode 14, dan filter black polymer merupakan filter-filter khusus yang paling banyak diguanakan dalam pembuatan kacamata Gerhana Matahari.

Secara ilmiah, kacamata yang aman digunakan untuk melihat Gerhana Matahari setidaknya harus memiliki proteksi 100-400 nanometer. Hal ini ditujukan agar saat mengamati Gerhana Matahari, tepat saat terjadi pergeseran, cahaya matahi yang begitu terang dengan intensitas cahaya yang besar tidak merusak dan menyakiti mata.

Bagaimana dengan kacamata hitam atau sunglasses?

Mengenal Lebih Dekat Kacamata Gerhana Matahari | Breaktime
Kacamata hitam tak digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari

Menggunakan kacamata hitam atau sunglasses untuk mengamati terjadinya gerhana Matahari bukanlah hal yang tepat. Kacamata hitam memang dapat menyaring cahaya Matahari yang masuk ke Bumi. Namun, jumlahnya tidak cukup besar, sehingga dapat mengakibatkan masalah dan kerusakan pada mata. Bahkan, saat mengamati Gerhana Matahari menggunakan kacamata hitam, mata masih menerima 10 persen cahaya matahari. Angka ini termasuk sangat besar dan berpengaruh buruk pada mata.

Untuk itu, saat mengamati Cahaya Matahari Total esok pagi, sebaiknya gunakan kacamata khusus Gerhana Matahari untuk menjaga kesehatan mata Anda dan menghindarkannya dari masalah, ya, B’timers. (dfr)

Share This Article