Mengenal Deep Web Dan Misteri Kelam Di Baliknya | Breaktime
Mengenal Deep Web Dan Misteri Kelam Di Baliknya
27.01.2017

Berapa lama Anda menggunakan internet setiap harinya? Sepertinya hampir setiap saat bukan. bisa dikatakan internet adalah penemuan yang sangat berpengaruh di dunia saat ini. karena, dengan internet Anda bisa menjelajah seluruh dunia hanya denga menatap layar monitor atau smartphone.

Berbicara mengenai internet, tahukah Anda jumlah situs yang ada diinternet? Situs atau website yang biasa Anda akses melalui hasil mesin pencarian seperti Google, Yahoo, bing memang sangat banyak sekali jumlahnya. Namun, menurut riset ternyata jumlah tersebut hanyalah 4 % dari keseluruhan jumlah situs yang ada. Sisanya yaitu 96 % biasa dikenal dengan instilah Deep Web atau website yang berada dikedalaman.

Mengenal Deep Web Dan Misteri Kelam Di Baliknya | Breaktime
Website yang selama ini Anda akses adalah bagian kecil dari internet jika dibandingkan dengan deep web

Jadi, selama ini ketika berselancar di dunia maya Anda hanya menyentuh permukaannya saja. Dan tidak pernah tahu apa yang berada dikedalaman. Secara umum deep web adalah kumpulan konten suatu website yang tidak terindex oleh mesin pencari standar seperti Google, Bing dan Yahoo. Walaupun berada dikedalaman dan tidak terlihat deep web tetap dapat diakses namu harus menggunakan tool khusus.

Tentu saja ada alasan khusus kenapa suatu website sampai tidak terindex oleh mesin pencari dan masuk dalam kategori deep web. Kebanyakan deep web berisi situs-situs berbahaya seperti penjualan narkoba, situs yang memperdagangkan konten sex di bawah umur, pembunuhan dan lain sebagainya. Pemilik situs deep web adalah orang yang identitasnya tidak ingin diketahui. Jika mereka publikasikan website mereka di internet maka habislah mereka karena gampang terdeteksi dan mudah untuk dilacak.

Namun, deep web tidak hanya berisi konten yang berbahaya saja. Deep web juga berisi tentang hasil penelitian dan sebagainya yang bersifat rahasia. Pesan private facebook Anda sebenarnya juga bisa dikatakan deep web karena tidak terdeteksi oleh mesin pencari. Tidak hanya itu saja, situs yang hanya bisa diakses melalui jaringan kantor saja juga bisa digolongkan sebagai deep web.

Mengingat lebih banyaknya dampak negatif dari situs deep web ada baiknya untuk tidak mencoba mengaksesnya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, deep web adalah kumpulan orang yang tidak ingin identitasnya diketahui. Jadi hacker juga termasuk dalam kategori tersebut. dengan mengakses deep web akan besar peluangnya jaringan Anda diretas oleh para hacker. Tidak hanya itu saja deep web juga dapat memberikan dampak berbahaya lainnya.

Deep web adalah tempat dimana para kriminal bersemayam. Kriminal yang dimaksud adalah penjualan narkotka dan penyewaan berbagai macam jasa seperti jasa pembunuhan misalnya. Di dalam deep web juga ada beberapa website yang menawarkan penayangan semacam youtube secara streamin namun tayangan tersebut berupa pembunuhan secara langsung. Siapapun yang tidak sengaja atau sengaja mencoba mengakses website tersebut dan melihat pembunuhan secara langsung itu tentu saja akan mengalami trauma baik itu tingkat rendah maupun tinggi.

Selain tempat kriminal dan hacker beraktifitas, deep web juga berisi berbagai macam virus komputer. Diantara virus tersebut yang paling berbahaya adalah virus yang memiliki kategori sebagai spyware dan data encryption. Karena, dapat menahan data komputer pengguna sehingga tidak bisa digunakan lagi. dengan virus spyware para hacker juga dengan mudahnya dapatmencuri data dari pemiliknya.

Itulah penjelasan mengenai deep web yang jarang diketahui oleh publik. Walau terdapat konten yang bermanfaat seperti hasil penelitian namun deep web lebih didominan oleh konten kriminal berbahaya dan ilegal. Jadi, sebagai pengguna internet yang cerdas alangkah baiknya untuk tidak mencoba mengakses deep web.(dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE