Menelisik Perkembangan Robot Dari Masa Ke Masa | Breaktime
Menelisik Perkembangan Robot Dari Masa Ke Masa
03.03.2017

Sudah sejak lama, manusia telah berpikir untuk membuat sebuah teknologi. Mulai dari zaman dahulu, mungkin memang bukan termasuk teknologi canggih. Hanya saja manusia sudah mulai membuat benda-benda yang berfungsi untuk membantu segala pekerjaan mereka. Itu adalah teori sederhana B’timers. Pada akhirnya seiring dengan perkembangan zaman, semakin ke sini manusia semakin memiliki ide-ide cemerlang.

Banyak yang telah dilakukan untuk dapat menciptakan berbagai teknologi yang sekarang ini sedang kita nikmati. Salah satu yang saat ini sudah semakin banyak diciptakan atau bahkan dijual adalah robot. Nah, bicara tentang robot mungkin memang tak akan pernah ada habisnya. Setiap teknologi yang kini sudah semakin canggih, kalau menelisik ke belakang pasti juga memiliki perubahan-perubahan.

Baca juga : 

Breaktime kali ini akan mengajak Anda untuk cari tahu bagaimana perkembangan robot dari masa ke masa sampai akhirnya di era sekarang ini sudah banyak robot-robot dengan kemampuan yang hampir sama dengan manusia dan mampu mengerjakan hampir semua pekerjaan manusia. Kira-kira gimana, ya robot zaman dulu?

Istilah robot sebenarnya baru ada pada tahun 1920an. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa manusia sudah sejak lama punya hasrat untuk membuat sesuatu yang mampu menggantikan peran mereka. Nah, buktinya bisa B’timers temui di Spanyol. Karakter mekanik seorang biksu ini diperkirakan dibuat pada tahun 1560an. Wah, sudah lama sekali sih!

Menelisik Perkembangan Robot Dari Masa Ke Masa | Breaktime
Robot perempuan pertama yang dibuat

Di tahun-tahun berikutnya, manusia masih terus berusaha dengan penemuan yang lebih canggih lagi. Seperti yang terjadi pada tahun 1928 dibuat sebuah karakter yang diberi nama Eric. Karakter Eric inilah yang pertama kali mendapat julukan robot. Sebutan robot sendiri dipakai oleh seorang penulis asal Republik Ceko, Karel Capek dalam drama fiksi ilmiahnya. Nah, robot sendiri diambil dari bahasa Ceko robota yang berarti buruh kerja paksa.

Kalau robot pertama berjenis kelamin perempuan dibuat oleh Fritz Lang pada tahun 1927. Bentuknya pun masih tak sempurna. Terlihat bahan-bahan dasar pembuatan robot. Tetapi, tak disangka tak dinyana robot perempuan pertama ini pernah main film, yaitu dalam film Maschinenmensch.

Baca juga : SUDAH TAHU RAHASIA TAK TERDUGA DI BALIK WAKTU INI?

Masih ada satu lagi robot yang juga main film, lho! Robot endoskeleton T-800 yang dirilis pada tahun 1991. Coba tebak robot ini bermain di film apa? Yap, endoskeleton T-800 sempat menjadi bagian penting dalam film Terminator 2: Judgment Day.

Sampai akhirnya pembuatan robot semakin pesat. Salah satunya adalah robot Inhka yang merupakan robot resepsionis yang mampu menjawab pertanyaan dan bahkan bisa juga memberikan saran tentang fashion style yang Anda kenakan.

Menelisik Perkembangan Robot Dari Masa Ke Masa | Breaktime
RoboThespian

Memasuki era 2000an, tepatnya di tahun 2007 hadir robot humanoid yang diklaim paling canggih di dunia. Robot yang diberi nama iCub ini dirancang layaknya anak manusi. Robot ini telah belajar cara untuk duduk, merangkak, mengambil sebuah benda, dan bahkan meggunakan benda yang telah diambil. Benar-benar seperti bayi manusia, ya?

Di tahun 2014, akhirnya hadir kodomoroid atau robot Android dari Jepang. Coba tebak kemampuan robot ini! Kodomoroid dirancang mampu membawakan berita dalam berbagai bahasa dan juga memiliki selera humor seperti seorang manusia.

Baca juga : INTIP 6 TREN TEKNOLOGI 2017 YANG AKAN BOOMING!

Terakhir di tahun 2016, RoboThespian dirilis untuk kembali menunjukkan kecanggihan baru. Ini juga sekaligus jadi robot humanoid pertama yang dijual secara komersil. Dijual dengan harga Rp 800 juta, robot ini mampu bercerita, menyanyi, dan memainkan drama dalam 30 bahasa di seluruh dunia. Keren, kan!

Tetapi sepertinya teknologi robot tidak akan hanya berhenti di sini. Pada saatnya nanti, akan selalu ada robot buatan manusia dengan kecanggihan yang semakin spektakuler. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE