Melongok Kecanggihan Alat Tempur TNI Terkini: Truck 6x6 | Breaktime
Melongok Kecanggihan Alat Tempur TNI Terkini: Truck 6x6
09.10.2015

Kecanggihan alat tempur militer Indonesia smeakin canggih saja. Setelah sukses meluncurkan mobil komodo, Anoa, Garda, dan tank roda rantai, kini giliran Truck 6x6 Peluncur Roket yang siap memperkuat armada militer tanah air.

Setidaknya, ada tiga perusahaan Indonesia yang berperan aktif dalam perencangannya, sebut saja PT. Pindad, PT. AIU, dan PT. LAPAN selaku pembuat roket. Sebelumnya, PT. AIU juga aktif terlibat dalam pembuatan Garda 4x4 yang kemudian berubah nama menjadi rantis 4x4.

Kecanggihan Truck 6x6 Peluncur Roket

Mesin utama truk ini menggunakan Marcedez Benz Engine w/6x6 Drive Train Chassis. Sementara itu, jenis roket yang digunakan adalah buatan LAPAN, yakni jenis Rudal Rhan Diameter 122 mm.

Sebenarnya, desain awal kendaraan ini merupakan hasil dari Pindad. Kemudian, PT AIU mengaplikasikan mesin maupun body kendaraan ini menjadi nyata.

Tampilan kokoh Truck 6x6 Peluncur Roket
Tampilan kokoh Truck 6x6 Peluncur Roket

Uji coba peluncuran

Sebelum resmi untuk digunakan, kendaraan tempur ini telah terlebih dulu mengalami masa uji coba pada tanggal 6 Maret 2014 dan bertempat Hambalan. Sementara itu, peluncuran Alutsista berupa Rhan Lapan dilakukan di Landasan Udara TNI Angkatan Udara, Cikelet, Garut, Jawa Barat.

Roket Truck 6x6

Delapan roket hasil sinergitas tim konsorsium roket pertahanan berhasil meluncur mulus. Diantaranya tiga jenis roket Rhan 1210, dua jenis roket Rhan 1220, dan tiga jenis RX 2020. Tamu undangan pun tak henti-hentinya memberikan tepuk tangan usai roket berhasil melesat ke udara.

Rhan 1210 berhasil meluncur dengan jangkauan sejauh 14 km dan Rhan 1220 sejauh 24 km. Sementara itu, RX 2020 yang membawa muatan radar dan GPS berhasil melesat sejauh 36 km. Semua roket yang sukses menjalani uji terbang tersebut merupakan hasil kerja sama dengan LAPAN serta Konsorsium Roket Nasional di bawah koordinasi Kemenristek.

Wah, semoga armada militer Indonesia makin kuat dalam sistem pertahanan negara, ya!

Share This Article