Main Game Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya | Breaktime
Main Game Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya
20.07.2016

Bagi gamer, main game mungkin sudah jadi salah satu hal yang paling tidak bisa diganggu gugat. Game sudah jadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi. Meski bagi sebagian orang lainnya gamer terkesan berlebihan apalagi saat sudah “kecanduan” game, namun sebenarnya main game punya manfaat baik bagi kesehatan, lho. Apa saja sih, manfaat game untuk kesehatan?

Meningkatkan daya ingat

Semakin banyak studi yang membuktikan tentang hal ini. Berdasarkan penelitian dari Universitas California-Irvine, area otak yang berhubungan dengan ingatan dan pembelajaran, berubah saat memainkan game 3D. Dan, daya ingat bisa meningkat hingga 12 persen.

Menambah kemampuan koordinasi

Video game sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan koordinasi tangan dengan mata. Bermain game dapat meningkatkan kemampuan motorik seseorang serta membantu seseorang bisa lebih cepat dalam membuat keputusan.

Main Game Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya | Breaktime
Game baik untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dan kesehatan kognitif

Baik untuk kesehatan kognitif

Selain menambah daya ingat, manfaat game untuk kesehatan lainnya adalah membantu keseluruhan fungsi kognitif. Ini berarti dengan berpikir kritis dan membuat keputusan saat bermain game, Anda bisa bekerja dengan perhatian penuh, lebih fokus, serta lebih tanggap.

Mengurangi stres dan depresi

Ya, main game bisa membantu menurunkan risiko stres dan depresi, B’timers. Karena, saat bermain game otak kita jadi sibuk dan sementara waktu teralihkan dari masalah yang terjadi di dunia nyata. Game juga bisa jadi cara untuk bersosialisasi, terutama bagi yang sering menghabiskan waktu sendirian.

Mempertajam dalam membuat keputusan

Banyak game yang di dalamnya membuat Anda dilema, dan mengalami pro-kontra sendiri dalam memutuskan. Terutama game strategi, sangat cocok untuk mengasah kemampuan Anda membuat keputusan.

Wah, ternyata banyak juga manfaat game untuk kesehatan. Namun yang perlu B’timers ingat, jangan sampai kecanduan game dan atur waktu bermain game dengan baik, ya. (md)

Share This Article