Lupa Password HP, Ini Rahasia Membukanya! | Breaktime
Lupa Password HP, Ini Rahasia Membukanya!
21.06.2017

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone. Di era yang serba digital ini hampir semua kebutuhan kita sudah bisa dilakukan secara mobile atau serba online, serta arus informasi yang begitu cepat menjadikan perangkat smartphone menjadi partner paling dekat bagi tiap orang. Bisa dibilang, hal ini menjadikan smartphone sebagai kehidupan kedua tiap orang setelah kehidupan yang sesungguhnya. Bahkan semua hal terkait pribadi maupun urusan bisnis tersimpan rapi dalam smartphone.

Apa jadinya jika smartphone tersebut terkunci dan lupa password atau bahkan hilang? Lebih buruknya lagi perangkat smartphone Anda jatuh ketangan orang lain yang tidak bertanggung jawab dan coba membuka semua file dan data pribadi maupun bisnis yang tersimpan di HP Anda, tentu saja hal tersebut sangat tidak diinginkan. Untuk itu pabrikan smartphone merancang fitur keamanan tambahan seperti Fingerprint Sensor atau lebih canggih lagi Retina Sensor.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sumpah, Begini Penampakan Terbaru Dari Snapchat!

Namun terkadang ada sebagian pengguna smartphone yang lupa atau lalai pada password ponsel mereka. Akhirnya terburu-buru untuk menggunakan fitur factory reset agar ponsel terbuka. Padahal dengan factory reset semua data yang tersimpan akan hilang seketika secara permanen. Tentu saja ini sama sekali tidak kita inginkan, kan?

Nah, jika Anda kesulitan membuka password di HP, tak perlu buru-buru untuk hard reset/factory reset, ada beberapa cara untuk membuka password yang terlupakan.Di antaranya menggunakan Android Device Manager, menggunakan Samsung Find My Mobile, dan Fitur Forgot Pattern.

Menggunakan Android Device Manager. Cara membuka HP yang lupa kata sandi yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Anda bisa menggunakan browser di smartphone Android teman Anda atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan Anda masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet. Setelahnya buka link Android Device Manager di https://www.google.com/android/devicemanager.

Lupa Password HP, Ini Rahasia Membukanya! | Breaktime
Lupa password, tak lagi dengan melakukan factory reset!
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Proteksi Data di Saat Traveling dengan Tips Ini!

Di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu Anda pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat Anda, klik tombol refresh browser beberapa kali. Setelah klik tombol Kunci atau Lock, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang Anda lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan Anda, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya Anda sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

Menggunakan Samsung Find My Mobile. Jika cara di atas tidak berhasil dan kebetulan Anda menggunakan perangkat Samsung. Anda bisa mencoba layanan yang serupa dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya buka link Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/) dari browser, kemudian login ke akun Samsung.

Jika Anda belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja. Setelah Anda login ke akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen harusnya diubah ke PIN baru yang Anda masukkan dan bisa Anda gunakan untuk membuka kunci perangkat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lebih Dekat dengan Alat Musik Unik Hydraulophone

Menggunakan Fitur Forgot pattern. Jika perangkat Anda masih menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, Anda masih bisa menggunakan fitur Forgot pattern. Setelah 5 usaha yang gagal, Anda akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Dari situ, Anda pilih Forgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.

Biasanya ada dua metode yang tersedia, yakni menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google Anda. Jika Anda memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau Anda juga dapat mengubahnya saat itu juga.

Itulah tiga cara membuka kunci HP yang lupa kata sandi paling ampuh tanpa factory reset sejauh ini. Ponsel Anda bisa terbuka dengan aman dan data-data juga masih lengkap. (am)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE