Load Website Lambat, Temukan Penyebabnya! | Breaktime
Load Website Lambat, Temukan Penyebabnya!
19.10.2015

Berapa detik waktu yang Anda butuhkan untuk membuka sebuah halaman website? Lebih dari 5 detik? Sangat menjengkelkan, bukan? Kita yang menginginkan informasi cepat, malah harus menunggu lama karena adanya masalah yang tak terlihat.

Sebuah survey yang dilakukan KISSmetrics menemukan bahwa:

  1. 40 persen orang akan meninggalkan sebuah website yang memakan waktu lebih dari tiga detik
  2. 47 persen pengguna internet berharap halaman web dapat dimuat dalam dua detik atau kurang
  3. 73 persen pengguna mobile internet mengatakan bahwa tak sedikit website yang terlalu lambat dimuat.

Survei tersebut bisa menjadi bukti bahwa saat ini semakin banyak halaman website yang memakan waktu cukup lama untuk dimuat secara sempurna. Sebenarnya, ada alasan umum yang menyebabkan sebuah website lambat dimuat, yakni video autoplay, animasi, grafis beresolusi tinggi, bahkan iklan yang terpasang pada website tersebut. Namun, bisa juga karena koneksi internet Anda yang lambat.

Selain alasan-alasan tersebut, sebenarnya ada satu yang tersembunyi tapi memiliki pengaruh besar terhadap waktu load website, yakni JavaScript. Anda yang melek teknologi, pasti tak asing dengan bahasa pemrograman website populer yang satu ini. Lantas di mana masalahnya?

JavaScript dengan baris kode atau versi yang ketinggalan zaman, akan menganggu waktu load sebuah website. Meskipun ukuran file JavaScript hanya berkisar di ukuran kilobyte, namun kode didalamnya akan sangat berpengaruh pada sebuah website.

Load Website Lambat, Temukan Penyebabnya! | Breaktime
Upgrade JavaScript merupakan jawaban dari masalah ini

Hal utama yang menyebabkan masalah JavaScript yang ketinggalan jaman ini sebenarnya adalah perusahaan iklan yang tidak meng-upgrade versi JavaScript yang digunakannya. Karena masalah ini, Parse.ly pun berinisiatif untuk membongkar kode JavaScript dan menulis semua kode dari awal agar lebih ramping dan hanya memuat data yang dibutuhkan, sehingga waktu load semakin cepat.

Selain Parse.ly, perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google juga ikut andil dalam mengatasi masalah ini. Facebook dengan produk Instant Artikel untuk pasar perangkat mobile. Sedangkan Google memperkenalkan Accelerated Mobile Pages (AMP), proyek open source yang mendukung akses cepat dan dapat meningkatkan pendapatan pemilik website dari iklan.

Jadi, jika Anda menemui sebuah website yang memakan waktu lama untuk dimuat, tandanya JavaScript pada website tersebut ketinggalan jaman dan menyebabkan masalah. Solusi sederhana berupa upgrade versi JavaScript ini juga bisa menjadi jawaban bagi programmer untuk mengatasi masalah load website yang lambat.

Share This Article