LG V10: Kesempurnaan dalam Satu Perangkat | Breaktime
LG V10: Kecanggihan, Keindahan, dan Kekuatan dalam Satu Perangkat
07.11.2015

Jika Samsung mengklaim bahwa mereka telah memproduksi perangkat mobile dengan fitur canggih dan dilengkapi sensor lensa beresolusi besar, LG sepertinya tidak mau kalah dan merilis produk terbaru mereka dengan spesifikasi yang menarik, yaitu LG V10.

Jika selama ini B’timers hanya melihat bahwa LG G4 atau LG G Flex2 merupakan produk tercanggih dari LG dan layak dibanggakan karena mampu bersanding dengan handset-handset keluaran vendor-vendor raksasa dunia, maka dengan hadirnya LG V10 ini, kekurangan dari G4 dan G Flex2 dapat tertambal.

LG V10 ini merupakan gabungan antara smartphone, phablet, gadget tahan banting, perangkat mobile Hi-Fi sampai dengan kamera dalam bentuk phablet. Memang tidak ada penjelasan bahwa LG sengaja merilis produk satu ini untuk menyaingi ketangguhan Samsung Galaxy A8 atau juga Apple iPhone 6S, akan tetapi ingin memberikan nuansa baru di dunia mobile sekarang ini.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai spesifikasi dari LG V10:

Eksternal

LG V10: Kesempurnaan dalam Satu Perangkat | Breaktime
Desainnya yang elegan dan terlihat kokoh, membuat banyak yang jatuh hati pada V10 ini

Dilihat dari segi desainnya, phablet satu ini terlihat ‘kekar’ berbalut keanggunan yang indah. Pada bagian belakangnya, LG menempatkan casing yang menggunakan material kuat sehingga tidak mudah pecah ketika terjatuh. Selain itu, desainnya juga sengaja dibuat agak kasar dan tidak halus seperti kebanyakan phablet modern saat ini, dengan tujuan agar tidak mudah terlepas dari tangan ketika digunakan.

Secara keseluruhan, phablet satu ini memiliki dimensi sebesar 159,6 x 79,3 x 8,6 mm dengan berat hanya 192 gram saja. Dengan ukuran tersebut, LG V10 terlihat lebih besar dibandingkan Apple iPhone 6S atau Samsung Galaxy S6 Edge. Terdapat 5 warna pilihan, yaitu Space Black, Luxe White, Modern Beige, Ocean Blue dan Opal Blue.

Layar 

LG V10: Kesempurnaan dalam Satu Perangkat | Breaktime
Layarnya kuat dan masih dapat tampilkan segala sesuatu dengan jelas di bawah sinar matahari

Layar yang digunakan LG V10 ini adalah IPS LCD yang berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1440 x 2560 pixel dengan kerapatan ~515 ppi. Agar tidak mudah pecah atau retak, LG telah melengkapi layar V10 ini dengan teknologi terbaru milik Corning yaitu Gorilla Glass 4. Rasio kontrasnya adalah 1490 dan ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung yaitu 2744.

 Kamera

LG V10: Kesempurnaan dalam Satu Perangkat | Breaktime
Fasilitas layarnya sangat cocok digunakan para pecinta fotografi

Sensor lensa kamera pada bagian belakang yang dimiliki LG V10 ini memiliki resolusi sebesar 16MP (5312 x 2988 pixel) . Fitur lain yang berfungsi sebagai pendukung untuk fasilitas kameranya, antara lain laser autofocus, optical image stabilization (OIS), LED flash, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama sampai dengan fitur HDR. Sedangkan sensor lensa di bagian depan memiliki resolusi sebesar 5MP (Duo).

Dengan kamera ganda pada bagian depan, maka akan semakin memanjakan para pecinta selfie dalam mengabadikan momen. Hasil gambar yang ditangkap menggunakan baik kamera depan atau belakangnya sangat bagus, bahkan teknologi yang dimiliki Nokia yaitu PureView atau juga yang dipunyai Samsung masih tertinggal dibandingkan dengan kepunyaan V10.

Internal

LG V10: Kesempurnaan dalam Satu Perangkat | Breaktime
Banyak sekali fasilitas menarik yang disematkan LG ke dalam V10 ini

Ada dua macam jenis dari V10 ini yaitu yang menggunakan CPU Quard-Core 1.44 GHZ Cortex-A53 dan Dual-Core 1.82 GHz Cortex-A57. Sedangkan chipset yang digunakannya adalah Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 dan GPU untuk grafisnya adalah Adreno 418. Operating system yang disematkan dalam V10 ini adalah Android 5.1.1 Lollipop yang dapat diupgrade ke Android 6 Marshmallow.

LG V10 support untuk digunakan dalam jaringan 2G (GSM 850/900/1800/1900 MHz), 3G HSDPA 850/900/1900/2100 MHz) dan 4G (LTE). Selain itu, phablet satu ini juga support dengan GPRS dan EDGE serta memiliki kecepatan akses sebesar HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps.

Baterai yang digunakannya adalah Lithium Ion yang memiliki kapasitas sebesar 3000 mAh dan ketika diuji coba, baterainya mampu bertahan selama 18 jam untuk bicara dan 56 jam untuk standby. B’timers pun tak perlu ragu akan masalah pengisian yang selama ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi banyak vendor, LG telah memasukkan fasilitas khusus yang dapat memangkas waktu charging dengan cepat.

Phablet canggih, kuat dan elegan yang masuk daftar 10 gadget komunikasi paling diminati di dunia ini telah dirilis pada bulan Oktober 2015 lalu. Sayangnya, belum ada konfirmasi resmi, kapan LG V10 akan hadir di pasaran tanah air. Tertarik untuk memiliki handset yang diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 9,3 juta itu? (das)

Share This Article