Lebih Teliti, Begini Cara Mengecas HP yang Benar | Breaktime
Lebih Teliti, Begini Cara Mengecas HP yang Benar
20.11.2017

Hadirnya smartphone memudahkan berbagai aktivitas B’timers sehari-hari. Banyak yang bisa dilakukan dengan smartphone ini. Anda bisa mengecek email, lalu membaca berita, memotret dan selfie, sampai berbagai aktivitas di media sosial dan juga berkirim pesan instan atau chat. Namun, kadang kita terabaikan soal cara mengecas HP yang benar dan berdampak pada baterai.

Padahal, daya tahan baterai ini sangatlah penting dalam menggunakan smartphone. Umur baterai menjadi kendala yang masih sering dialami para pengguna smartphone. Jika tidak digunakan secara intens, smartphone rata-rata bisa tahan 4-5 jam. Tapi pastinya itu waktu yang tidak cukup bagi pengguna smartphone untuk beraktivitas seharian.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Harga dan Spesifikasi Nokia 7 Android 2017

Tapi tidak masalah, karena dengan beberapa tips dari Breaktime, Anda bisa mengecas smartphone kesayangan dengan cara yang benar, sehingga daya baterainya lebih awet dan tahan lama. Yang pertama adalah, jangan sampai baterai smartphone Anda habis total. Selain baterai yang berbahan nikel, jangan biarkan baterai smartphone bahan lainnya sampai benar-benar kosong.

Terutama mayoritas smartphone yang menggunakan baterai litium-ion. Sebaiknya, jagalah daya baterai ini tetap di atas 50 persen atau minimalnya 20 persen. Namun, Anda perlu ‘menguras’ habis baterai ini untuk keperluan kalibrasi setidaknya sekali dalam satu bulan.

Lebih Teliti, Begini Cara Mengecas HP yang Benar | Breaktime
Cara mengecas HP yang benar jangan tunggu sampai HP mati

Berikutnya yang juga paling sering dilakukan, nih, yaitu mengecas HP sampai semalaman. Tidak baik efeknya jika Anda membiarkan baterai terhubung dengan charger sampai semalaman dan bahkan ditinggal tidur. Meski memang ada sejumlah charger yang otomatis memutus arus listrik kalau sudah terisi dayanya seratus persen.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siap-siap Terpesona Huawei Mate 10 Review

Tapi kalau daya baterai dibiarkan seratus persen dalam jangka waktu lama juga tidak baik. Jadi begini, cara mengecas HP yang benar yaitu diisi sebentar saja sampai penuh berkali-kali, daripada sering membiarkannya dalam kondisi nol persen atau seratus persen terus-menerus.

Selain dari cara mengecas, rupanya cara menaruh dan menyimpan HP juga memberikan pengaruh kepada daya baterai Anda. Jauhkan smartphone Anda dari tempat panas, misalnya saja ditaruh di dashboard mobil, yang berarti letaknya di bawah kaca depan mobil. Meski smartphone Anda keadaannya mati, ini tetap tidak baik karena paparan panas bisa bikin baterai lebih cepat rusak.

Lebih Teliti, Begini Cara Mengecas HP yang Benar | Breaktime
Tak menaruh HP di tempat panas juga berhubungan dengan cara mengecas HP yang benar, lho!

Jika baterai berbahan litium, maka yang ideal adalah menyimpannya dalam suhu 15 derajat celcius. Sementara, suhu ekstrem yang masih bisa membuatnya tahan ialah antara minus 40 derajat hingga 50 derajat celcius. Begitulah cara menjaga suhu yang aman untuk baterai litium smartphone Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fitur Microsoft Windows 10 Fall Creators

Kemudian, cara terakhir adalah menghubungkannya langsung ke soket listrik. Kalau Anda ingin mengisi daya baterai, maka yang paling recommended adalah langsung menghubungkan baterai dengan charger lewat soket listrik. Memang sekarang ada metode baru mengisi ulang daya dengan cara nirkabel, namun cara ini sebenarnya bisa menghasilkan panas yang tak baik untuk baterai.

Kenyataannya, lebih aman dan lebih cepat juga jika Anda mengecas dengan menghubungkan charger ke soket listrik secara langsung. Ini lebih baik daripada menggunakan kabel data atau kabel charger, untuk menghubungkan smartphone Anda dengan USB laptop atau komputer.

Lebih Teliti, Begini Cara Mengecas HP yang Benar | Breaktime
Eits, hati-hati, cara mengecas HP yang benar itu langsung dari soket listrik ya!

Jadi, kalau B’timers masih sering melakukan kebiasaan mengecas pakai kabel data, nah sebaiknya coba mulai dihentikan saja, ya. Supaya baterai smartphone Anda lebih awet dan bisa tahan lama, maka lakukanlah cara mengecas HP yang benar seperti yang Breaktime share tadi. Kalau smartphone Anda bisa aktif setiap waktu dan online kapan saja, pastinya lebih menguntungkan, kan? Jadi enak memakainya.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE