Langkah Mudah Jadi Atlet eSport Indonesia Hebat! | Breaktime
Langkah Mudah Jadi Atlet eSport Indonesia Hebat!
16.10.2016

Atlet eSport Indonesia sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Menjadi seorang atlet eSport kini sudah menjadi impian banyak orang. Terbukti dengan beberapa turnamen eSport seperti The International milik Dota2 dan Major League Gaming milik CS: GO. Para atlet eSport Indonesia juga tidak bisa diremehkan lagi, nih B’timers. Pasalnya Indonesia e-Sport Association (IeSPA) telah diresmikan oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) di bawah MENPORA.

Sejak bergabungnya eSport dengan badan negara, kemungkinan besar akan semakin menarik minat masyarakat untuk menjadi atlet eSport Indonesia. Lalu, bagaimana caranya menjadi atlet eSport profesional?

Baca juga : IDEATALKS, DUNIA DIGITAL KREATIF INDONESIA

1.Pilih game eSport yang ditekuni

Pertama adalah dengan memilih game apa yang ingin Anda sukai dan kuasai, banyak jenis game seperti MOBA yaitu game yang terdiri dari banyak player yang berada di dalam satu arena untuk bertarung atau bertanding contohnya DOTA, kemudian FPS game yang memberikan Anda pengalaman seperti ada di dalam game contohnya tidak asing lagi CS:GO, ada juga yang bertema Fighting, game ini sudah tidak asing lagi game bertarung satu sama lain salah satu contohnya seperti Street Fighter, ada juga tema Sports, game yang bertemakan olahraga seperti FIFA, dan lain-lainnya.

2. Latihan, latihan, & latihan!

Menjadi atlet eSport tidak mudah, Anda harus tekun dan memiliki semangat. Jika Anda sudah menemukan game yang disukai dan ingin ditekuni, maka bertekadlah untuk menjadi seorang atlet eSport Indonesia dengan melakukan latihan rutin. Latihan ini bisa dilakukan dengan tim sendiri atau dengan teman yang bermain game yang sama. Paling mudahnya adalah Anda dapat berlatih sendiri dengan melawan bot atau komputer. Melatih ketangkasan dalam bermain dan juga mengatur strategi.

3. Tetap termotivasi untuk menjadi atlet eSport

Perkuat tekad Anda untuk menjadi atlet eSport dengan selalu memotivasi diri Anda. Saat merasa gagal, jangan pernah untuk sedikit pun menyerah. Teruslah berusaha dan mencari sesuatu yang bisa memotivasi Anda. 

4. Pola hidup sehat

Seorang atlet harus selalu menjaga kesehatannya, karena kesehatan adalah hal yang penting, yaitu dengan tetap menjaga pola hidup sehat. Meskipun Anda sangat bersemangat latihan untuk menjadi atlet eSport, tetap jaga pola makan, tidur, dan sempatkan berolahraga. 

Langkah Mudah Jadi Atlet eSport Indonesia Hebat! | Breaktime
Ikuti turnamen lokal sebagai salah satu jalan menjadi atlet eSport profesional

5. Bergabung dengan komunitas eSport Indonesia

Banyak komunitas eSport Indonesia, ketika sudah cukup menguasai permainan yang Anda pilih, carilah komunitas dan bergabung untuk menambah pertemanan dan ilmu dalam eSport. Anda dapat banyak belajar dari pengalaman mereka yang sudah merasakan kejuaraan eSport Indonesia.

6. Belajar dari Pro

Atlet eSport Indonesia yang sudah terkenal profesional adalah Team NXL, mereka salah satu atlet eSport Indonesia yang fokus pada game CS:GO. Anda dapat belajar dari mereka dengan mengikuti tipsnya atau berdiskusi dengan mereka saat mereka mengadakan event. Anda juga bisa belajar dengan senior atau teman komunitas yang sudah sangat pro.

7. Ikut turnamen lokal

Setelah Anda bergabung dengan sebuah komunitas, itu akan mendapatkan banyak teman dan Anda bisa membentuk tim Anda sendiri kemudian bisa mengikuti turnamen-turnamen lokal yang banyak diselenggarakan di Indonesia.

Dengan begitu, Anda akan memiliki jam terbang yang banyak, teman yang banyak, dan pengalaman yang oke untuk menjadi seorang atlet eSport Indonesia. Jadi, meskipun Anda suka bermain game internet, itu akan sangat bermanfaat dan menghasilkan. (vpd)

Share This Article