Laju Perkembangan Konten Kreatif di Indonesia | Breaktime
Laju Perkembangan Konten Kreatif di Indonesia
02.09.2016

B’timers sudah kenal IDEAFEST? IDEAFEST adalah sebuah gerakan untuk menciptakan perubahan positif bagi Indonesia melalui kompetisi dan festival di bidang bisnis kreatif. Dimulai pada tahun 2011, IDEAFEST jadi ajang dua tahunan dan mulai tahun ini menghadirkan berbagai komunitas kreatif. IDEAFEST hadir berdampingan dengan kompetisi “Ideas for Indonesia” untuk menjaring ide-ide kewirausahaan sosial dari anak bangsa di seluruh Indonesia.

Tahun ini, kolaborasi IDEAFEST 2016 dengan komunitas Indovidgram membuat Indovidfest, sebuah festival video kreatif terbesar di Indonesia, membahas laju konten kreatif di Indonesia yang kini semakin tak terbendung. Konten memang jadi kunci untuk membangun hubungan dengan target pasar dan bisa memberikan pancingan emosi yang mendalam, kemudian mendorong penerima konten untuk memutuskan sesuatu.

Dengan dukungan koneksi internet yang semakin tinggi, makin banyak pula bermunculan informasi digital. Hal tersebut juga semakin memungkinkan content creator alias pembuat konten tak hanya merupakan orang-orang yang berlatar belakang jurnalistik, namun juga publik atau masyarakat umum yang mendedikasikan waktu mereka untuk menciptakan konten dan menyebarkannya lewat berbagai media.

Laju Perkembangan Konten Kreatif di Indonesia | Breaktime
Suasana bincang-bincang santai

Dan, salah satu komunitas content creator yang berkembang besar di Indonesia adalah Indovidgram atau kependekan dari Indonesia-Video-Instagram, ini merupakan inisiatif dari beberapa anak muda yang kemudian menyebar di berbagai daerah di Indonesia dan juga beberapa negara lainnya, lho.

Dengan digelarnya festival video kreatif Indovidfest tahun ini, tujuannya adalah mempertemukan para content creators dengan penggemarnya, sekaligus untuk menginspirasi mereka.

Menurut Chaerany Putri, Festival Director Ideafest 2016, kolaborasi yang dilakukan bersama Indovidgram ini, adalah salah satu cara untuk memberikan awareness, bahwa industri ekonomi kreatif dapat memanfaatkan kesempatan berkembangnya content creating sebagai cara yang segar untuk berkomunikasi dan mendapatkan dampak yang lebih signifikan.

Wah, event yang sangat bermanfaat dan memberi inspirasi, ya? B’timers juga jadi tahu kan, kini semakin banyak peluang kerja terbuka di bidang digital creative. (md)

Share This Article