Koneksi Internet Amerika Serikat Bikin Ternganga | Breaktime
Koneksi Internet Amerika Serikat Bikin Ternganga! Secepat Apa?
10.01.2016

Kini koneksi internet cepat menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang. Melalui jaringan internet, B’timers jadi lebih mudah berkerja dan berinteraksi dengan banyak orang baik melalui text, voice call, hingga video call.

Untuk lebih memudahkan browsingchating, streaming tentunya Anda menginginkan kecepatan internet yang memadai. Tahukah B’timers bahwa selama tiga tahun ini koneksi internet di Amerika Serikat berkembang cukup pesat? Nah, simak dulu bahasan Breaktime kali ini.

Koneksi Internet Amerika Serikat Bikin Ternganga | Breaktime
Memudahkan semua aktivitas harian Anda

Berdasarkan The Federal Communications Commission (FCC), rata-rata kecepatan internet di Amerika Serikat mengalami peningkatan sejak Maret 2011, dari 10 Mbps menjadi 31 Mbps pada September 2014. Naiknya kecepatan internet ini dipicu oleh semakin banyaknya permintaan dari para pengguna.

Biasanya akses internet digunakan untuk menonton film, bermain video games, dan men-download. FCC menemukan bahwa internet di Amerika Serikat paling banyak dipakai oleh pengguna video, baik untuk meng-upload maupun download. Dengan jumlah 60% lebih banyak dari internet traffic, diprediksi angka tersebut akan meningkat hingga 80% pada tahun 2019.

Berbagai industri masih mengupayakan peningkatan kecepatan internet yang signifikan. Google Inc telah menawarkan kecepatan internet cepat hingga 1000 Mbps untuk sembilan kota, sementara AT&T menawarkan internet dengan kecepatan yang sama untuk dua puluh kota dan masih berencana menambah 36 area lagi tahun depan.

Comcast Corp juga tidak ingin ketinggalan, mereka telah melakukan uji coba layanan internet cepat 1000 Mbps di Philadelphia pada awal Desember 2015, dan merencanakan penambahan area baru hingga akhir tahun 2016.

Koneksi Internet Amerika Serikat Bikin Ternganga | Breaktime
Menonton video ternyata paling menguasai angka internet traffic

Dengan kecepatan internet yang tergolong tinggi, Amerika Serikat masih tertinggal dibandingkan banyak negara yang memiliki internet lebih cepat seperti Perancis, Kanada, Jerman, dan Jepang, lho! Berdasarkan data FCC, Amerika Serikat hanya menduduki peringkat 25 dari 39 negara pada tahun 2013. Negara yang memiliki internet tercepat saat itu adalah Luxemburg dengan rata-rata kecepatan download 47.32 Mbps. Oleh karena itu, FCC membuat target untuk Januari ini mampu mencapai kecepatan download 25 Mbps. Target ini lebih tinggi 4 Mbps dari tahun 2010.

Dari berbagai kota di Amerika Serikat, FCC mensurvei dengan melakukan monitor pada lebih dari 5000 rumah relawan di berbagai kota. Dalam survey tersebut dapat diketahui bahwa kota yang memiliki jaringan internet tercepat adalah New Jersey dengan 57 Mbps, sedangkan kecepatan internet yang terendah adalah Idaho dengan 14 Mbps. Kecepatan internet yang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata kecepatan internet di Indonesia. Pada akhir tahun 2015, tercatat kecepatan rata-rata kecepatan internet di Indonesia sekitar 2,4 Mbps saja. Namun B’timers tidak perlu khawatir lagi karena ke depannya, internet Indonesia akan mengupayakan kecepatan 4G LTE sehingga kegiatan browsing Anda semakin lancar. Jangan lupa gunakan internet dengan bijak, ya! (ft)

Share This Article