Kini Kita Dapat Tonton Youtube Secara Offline | Breaktime
Kini Kita Dapat Tonton Youtube Secara Offline, Caranya?
11.01.2016

B’timers pasti sering mengakses situs Youtube baik di laptop maupun lewat aplikasi di smartphone Anda. Mungkin sekedar menonton video klip penyanyi kesayangan, atau belajar berbagai tutorial dengan lebih mudah. Tak heran, pengunjung bulanan situs ini bisa mencapai milyaran.

Sayangnya untuk mengakses situs ini, B’timers harus terhubung dengan internet. Namun, sekarang Youtube memiliki fitur Youtube Offline sehingga memudahkan Anda untuk menonton video berulang-ulang meskipun tidak terkoneksi dengan internet.

Kini Kita Dapat Tonton Youtube Secara Offline | Breaktime
Hilangkan bosan dengan menonton video favorit Anda

Youtube Offline merupakan salah satu fitur yang memperbolehkan pengguna Youtube untuk menyimpan video ke smartphone agar bisa diputar nantinya. Fitur ini sudah cukup lama ada, namun beberapa orang masih belum memahami sepenuhnya fungsi dari Youtube Offline. B’timers bisa mendownload video favorit Anda dengan mobile data atau Wi-Fi. Sayangnya, fitur ini juga memunculkan iklan terlebih dahulu sebelum B’timers masuk ke video yang ingin ditonton.

Video yang sudah Anda download hanya bisa ditonton secara offline selama 48 jam saja, setelah itu B’timers harus menyinkronkan kembali dengan menggunakan koneksi internet. B’timers juga tidak bisa menonton semua video yang ada di Youtube. Hanya beberapa video yang bisa dilihat secara offline, hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan fitur ini.

Dalam waktu dekat, akan ditambahkan opsi baru untuk Youtube Offline. Sundar Pichai selaku CEO dari Google mengatakan bahwa nantinya Anda bisa menjadwalkan waktu unduhan video offline Anda, serta adanya opsi background downloading untuk memudahkan B’timers mengakses aplikasi lain selama proses pengunduhan.

Kini Kita Dapat Tonton Youtube Secara Offline | Breaktime
Tiga langkah mudah untuk Youtube Offline

Cara mengunduh video untuk Youtube Offline :

  1. Pastikan perangkat Anda terkoneksi pada internet, bisa menggunakan mobile data atau Wi-Fi. Buka aplikasi Youtube pada perangkat Android atau iOS B’timers.
  2. Pilihlah video yang tersedia untuk diunduh secara offline. Klik ikon Youtube Offline yang biasanya terletak di bawah video. Untuk video yang tidak bisa diunduh, tanda ikon akan tercoret diagonal.
  3. Pilih resolusi dari video yang Anda unduh. B’timers bisa memilih resolusi rendah, medium, hingga HD. Semakin tinggi resolusi yang Anda pilih, maka semakin besar juga ukuran video yang di-download.
  4. Tekan OK maka video akan langsung ter-download dan tersimpan di perangkat Anda.

Untuk melihat video secara offline, buka tab akun pada halaman awal Youtube. B’timers akan menemukan Saved Videos pada tab ini. Dengan mengklik pilihan Saved Videos, Anda bisa melihat video hasil unduhan secara offline. Cara menghapus video dari offline adalah dengan mengklik menu di samping video yang biasanya terdiri dari tiga titik, lalu pilih Remove From Saved Videos.

Tidak rumit, bukan? B’timers tidak perlu menghabiskan kuota lebih besar karena keseringan menonton video favorit Anda. Cukup diunduh satu kali di Youtube Offline, B’timers bisa menikmatinya kapan saja. (ft)

Share This Article