Keyboard Tersiram Air? Ini Cara Mengatasinya | Breaktime
Keyboard Tersiram Air? Tenang, Ini Cara Mengatasinya
31.05.2016

Meski jarang terjadi, namun pasti ada saat B’timers mengalami kejadian di mana keyboard laptop Anda atau teman Anda tersiram air. Entah itu air putih, teh atau kopi dari gelas yang tersenggol hingga isinya tumpah, tentunya kepanikan langsung terjadi. Padahal, hal nomor satu yang harus dilakukan adalah tetap tenang, kemudian Anda bisa lakukan hal-hal ini untuk menanganinya:

  1. Bersihkan air yang menumpahi keyboard. Jika itu gelas yang tersenggol dan jatuh miring, berdirikan kembali gelas itu. Segera ambil lap kering dan keringkan air yang tumpah di keyboard Anda dan sekitar laptop. Sebisa mungkin, jangan sampai air menyebar terlalu banyak dan ke mana-mana.
  2. Cabut kabel charger laptop. Pertama, cabut charger laptop dari stop kontak. Lalu, cabut kabel charger dari laptop. Ingat, berhati-hatilah saat melakukan ini. Sejumlah sumber daya listrik dilengkapi kapasitor yang masih bisa menyimpan daya charge, sehingga saat Anda menyentuhnya dengan tangan yang basah, maka Anda akan tersetrum.
  3. Matikan daya dan lepas baterai laptop. Ini akan mematikan semua daya laptop. Tanpa adanya daya aliran listrik, bertemunya benda-benda elektronik dan air takkan terlalu berisiko menyetrum. Mematikan laptop juga bisa membantu agar air yang tumpah pada keyboard Anda cepat kering.
  4. Mengamati kondisi laptop. Jangan lakukan apapun dengan laptop Anda sebentar saja, sekitar 30 menit atau lebih. Ini untuk memastikan laptop sudah aman dan tak ada risiko terbakar karena bertemunya air dan arus listrik.
Keyboard Tersiram Air? Ini Cara Mengatasinya | Breaktime
Langkah pertama adalah tidak panik dan tetap tenang

Ingat, jika di laptop Anda muncul percikan api atau benar-benar terbakar, segera minta bantuan dan keluar dari ruangan! Ini bisa Anda ketahui lebih awal dari ada atau tidaknya bau hangus yang muncul. Karena itulah, hati-hati dan pastikan laptop sudah aman betul sebelum menggunakannya kembali.

Itulah langkah-langkah yang bisa B’timers lakukan untuk pertolongan pertama pada keyboard yang tersiram air. Yang perlu diingat adalah jangan langsung panik dan pastikan laptop aman seratus persen sebelum menyalakan dan memakainya kembali, ya. (md)

Share This Article