Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Rooting Ponsel | Breaktime
Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Rooting Ponsel
11.09.2016

Melakukan proses root pada ponsel Android Anda bukan merupakan keputusan besar saat ini. Ada beberapa hal yang akan terjadi saat Anda memutuskan untuk melakukan root pada ponsel, antara lain menghapus bloatware, mempercepat ponsel Anda, menginstal versi terbaru, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan root pada ponsel. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Backup perangkat Android Anda

Sebaiknya lakukan backup pada perangkat Android Anda sebelum melakukan root. Hal ini dilakukan karena saat Anda membuka bootloader maka sistem akan melakukan pengulangan ponsel seperti saat Anda baru membeli dan semua data Anda akan hilang.

2. Pastikan baterai ponsel terisi penuh

Jangan mengira bahwa proses rooting tidak membutuhkan daya, justru proses ini harus membutuhkan daya yang besar. Oleh karena itu, pastikan baterai ponsel Anda terisi penuh hingga 100%.

Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Rooting Ponsel | Breaktime
Hal-hal yang harus diketahui sebelum root perangkat Android

3. Instal driver

Pastikan Anda telah menginstal driver yang diperlukan untuk perangkat Android Anda di computer. Anda juga harus menggunakan kabel USB, karena jika tidak Anda tidak bisa melakukan proses rooting.

4. Memahami benar tentang Bootloader, Root, Recovery, dan ROM

Yang terpenting adalah Anda harus memahami istilah-istilah dan cara kerja perangkat Android saat melakukan proses rooting. Misalnya seperti bootloader yang jika terkunci Anda tidak bisa membuat perubahan yang signifikan terhadap perangkat Android Anda.

5. Pahami bagaimana cara unroot

Jika Anda masih awam dengan proses rooting dan mengalami kesulitan, Anda bisa melakukan unroot untuk membuat perangkat Anda normal kembali. Anda pun harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan unroot.

Jadi itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum melakukan root pada perangkat Android. Anda bisa membaca di internet tentang apa saja yang berhubungan dengan proses root atau bertanya pada orang yang lebih memahami. (vpd)

Share This Article