Ketahui Di Sini Bahaya Smartphone untuk Otak | Breaktime
Ketahui Di Sini Bahaya Smartphone untuk Otak
11.10.2016

Hampir semua orang di dunia memiliki ponsel. Khusunya saat ini yang menjadi puncak peradaban smartphone, sebuah ponsel canggih dengan fitur dan spesifikasi yang menakjubkan. Namun di balik itu semua, ternyata ponsel pintar seperti Android, iPhone, dan Blackberry juga memiliki dampak dan efek samping yang berbahaya jika tidak digunakan dengan baik dan benar. Bahaya yang ditimbulkan khususnya pada otak. Berikut ini akan dijelaskan bahaya smartphone untuk otak.

1. Meningkatkan resiko kanker otak

Tahun 2011, International Agency for Research on Cancer (IARC) memasukkan radiasi smartphone ke dalam kelompok grup 2B, yang merupakan salah satu faktor penyebab kanker otak. Jika Anda menggunakan ponsel satu jam per hari selama 10 tahun akan berisiko mengalami tumor otak.

2. Mengganggu perkembangan otak bayi

Usia 0-6 bulan, sel-sel otak bayi sedang berkembang dengan pesat. Radiasi pada ponsel pintar akan mengganggu hal ini. Oleh karena itu, jangan pernah menggunakan ponsel di dekat bayi.

Baca juga : AWASI PACAR DENGAN 5 APLIKASI ANTI SELINGKUH INI!

3. Stress oksidatif

Smartphone memiliki gelombang medan elektromagnetik (EMF) dan hal ini dapat meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan stress oksidatif.

4. Alzheimer

Bahaya smartphone selanjutnya untuk otak adalah Alzheimer. Jika Anda terpapar radiasi smartphone dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan resiko mengalami Alzheimer. Padahal penyakit ini seringkali diderita oleh orang usia lanjut. 

Ketahui Di Sini Bahaya Smartphone untuk Otak | Breaktime
Yuk, gunakan ponsel dengan baik dan benar!

5. Insomnia

Ponsel memaparkan gelombang elektromagnetik yang mengganggu produksi melatonin. Melatonin adalah hormone yang berperan dalam berbagai proses fisiologis, termasuk tidur. Jadi, saat tidur jauhkan ponsel Anda agar tidur berkualitas.

Itulah beberapa bahaya smartphone yang ternyata sangat mengganggu kesehatan otak Anda. Mulai saat ini sebaiknya gunakan dan letakkan ponsel Anda dengan bijak. (vpd)

Share This Article