Kecanduan Gadget? Ini Tips Jitu untuk Mengatasinya! | Breaktime
Kecanduan Gadget? Ini Tips Jitu untuk Mengatasinya!
13.10.2015
”We are changing the world with technology.” Bill Gates

Tentu B’timers memiliki hobi atau benda yang sangat digemari. Bisa jadi itu membaca buku, mendengarkan musik atau mengotak-atik gadget. Nah, yang berbahaya adalah saat sesuatu yang sangat Anda sukai justru mengontrol hidup Anda, bahkan mengganggu aktivitas, pekerjaan dan hubungan Anda.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, gadget tak hanya memenuhi kebutuhan untuk komunikasi. Bagi sejumlah orang, smartphone bahkan sudah menjadi bagian hidup pribadi, bahkan bisa dibilang membuat kecanduan. Anda merasa tak bisa meninggalkan smartphone Anda dan selalu mengeceknya setiap saat? Berikut cara mengatasi kecanduan terhadap gadget:

30 menit pertama di hari Anda

Jika biasanya setiap pagi Anda langsung mengecek smartphone saat bangun tidur, itu berarti merupakan masalah yang serius. Ubahlah kebiasaan Anda tersebut dan habiskan 30 menit awal di pagi Anda untuk melakukan meditasi, peregangan dan mempersiapkan sarapan.

Ciptakan zona waktu bebas-smartphone

Ponsel memang menjadi kebutuhan, apalagi bagi Anda yang disibukkan dengan pekerjaan. Meski demikian, Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu bebas-smartphone untuk Anda. Setidaknya luangkan waktu 2 jam dalam satu hari, khususnya di waktu-waktu saat Anda paling produktif. “Jauhkan” smartphone dan fokuslah pada hal yang sedang Anda kerjakan.

Kecanduan Gadget? Ini Tips Jitu untuk Mengatasinya! | Breaktime
Kecanduan gadget juga bisa berbahaya untuk kesehatan

Matikan ponsel saat berkendara

Yang satu ini tak hanya dapat membahayakan dan merugikan Anda sendiri, tetapi juga orang lain. Apalagi, jika Anda menyetir sepeda motor sambil berkirim SMS. Yang terbaik adalah matikan dahulu smartphone Anda saat menyetir, lalu nyalakan kembali saat Anda sudah tiba di tujuan.

Nikmati waktu dengan orang-orang terdekat

Bukan jauh di mata dekat di hati, namun dekat di mata jauh di hati. Ya, sudah menjadi fenomena yang sangat umum ketika seseorang tengah berkumpul dengan teman-temannya, namun setiap orang asyik dan sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Hindari ini dan lebih banyaklah berkomunikasi serta menikmati waktu bersama orang-orang yang memang ada di hadapan Anda.

Hindari kurang tidur karena smartphone

Tak bisa dipungkiri, kemudahan akses internet bisa membuat kita sulit menjauhi smartphone. Terkadang, saat sudah bersiap tidur pun kita masih tak bisa meninggalkan dunia maya, bahkan kita jadi begadang hanya untuk online. Jika dilakukan terus-menerus, ini bisa mengurangi waktu tidur dan membahayakan kesehatan Anda. Jauhkan gadget Anda setidaknya satu jam sebelum tidur.

Itulah tips-tips yang bisa B’timers lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget yang bisa sangat mengganggu. Beri jarak untuk gadget Anda dan hidup lebih sehat mulai sekarang.

Share This Article