Jaringan 5G Segera Dirilis, Siapkah Indonesia? | Breaktime
Jaringan 5G Segera Dirilis, Siapkah Indonesia?
13.04.2017

Fifth Generation atau 5G adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebihi standar jaringan 4G. Teknologi 5G ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasional seluler pada tahun 2020, sehingga saat ini masih terlalu dini untuk mengetahui akan seperti apa teknologi 5G tersebut.

Sudah sekitar 2 tahunan ini masyarakat Indonesia menikmati jaringan 4G LTE yang disediakan operator seluler Indonesia. Walau terhitung baru, namun jaringan 4G LTE nampaknya sangat diterima di masyarakat Indonesia. Buktinya saja saat ini, tepatnya di awal tahun 2017 mulai banyak operator seluler Indonesia mempersiapkan jaringan 5G yang membuktikan bahwa pelayanan 4G yang mereka berikan cukup memuaskan, tak heran walau 4G terdengar baru di Indonesia namun, Indonesia cepat sekali berekspansi dari jaringan 4G ke 5G LTE.

Jaringan 5G Segera Dirilis, Siapkah Indonesia? | Breaktime
Perkiraan 5G akan dirilis pada 2020

Baca juga : 5 HAL INI YANG MEMBUAT SAMSUNG GALAXY S8 MEMUKAU!

Banyak pertanyaan seperti apa keunggulan 5G yang akan diluncurkan ini. Namun teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya, karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu yang utama adalah kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G. Kemajuan kecepatan transfer data tentu menjadi keunggulan yang utama yang ingin ditonjolkan pada jaringan 5G ini. Kabarnya kecepatan baru ini memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik. Sayangnya, kecepatan itu lazimnya hanya terbukti dalam eksperimen laboratorium, tidak di keadaan sebenarnya yang biasanya lebih lambat dari yang dijanjikan. Namun tetap saja, 5G LTE jauh mengungguli 4G LTE dari sisi kecepatan.

Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Kecepatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik. Keunggulan berikut dari lahirnya generasi kelima ini adalah jaringan 5G dapat terkoneksi dengan alat lain seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Karakteristik lainnya dari 5G LTE yaitu mampu dengan cepat membaca perintah. Artinya, dengan 5G pengguna lebih cepat membuka situs, aplikasi, video, dan pesan. Kebanyakan eksperimen 5G dilakukan di frekuensi tingkat tinggi, sekitar 73 ribu MHz. Jaringan sinyal ponsel saat ini berada di frekuensi 700 hingga 3.500 MHz. Namun, kekurangan dari konsep 5G ini adalah gelombang sangat pendek dan tidak mudah menembus dinding. Berarti diperlukan ribuan atau bahkan jutaan menara telekomunikasi mini disetiap tiang lampu, bangunan, dalam rumah, atau bahkan di setiap kamar. Kelemahan  inilah yang masih dicari solusinya.

Jaringan 5G Segera Dirilis, Siapkah Indonesia? | Breaktime
Kecepatan 5G diperkirakan sangat fantastis!

Baca juga : 4 BRAND BESAR INI TERNYATA TAK BANYAK DIKENAL

Beberapa konsep keunggulan jaringan 5G ini, operator seluler Indonesia seperti Indosat, XL, Telkomsel, dan Smartfren nampaknya sudah mulai mengembangkan jaringan  5G LTE, terbukti dengan dikembangkanya jaringan 4.5G oleh mereka yang sudah dimulai sejak 2016 lalu. Kabarnya perkembangan jaringan 4G LTE ke 4.5G merupakan langkah awal menuju pembaruan ke jaringan 5G yang nampaknya akan terjadi pada tahun 2020 mendatang. Tetapi, bisa saja hal tersebut berlangsung lebih cepat bila antusiasme dan dukungan dari masyarakat lebih banyak lagi. Untuk jaringan yang sedang dikembangkan saat ini, nampaknya mampu memberikan kecepatan internet sampai 20 kali lipat dari 4G LTE. Salah satu operator yang sudah mulai mengembangkanya pada quartal terakhir 2016 adalah Indosat Ooredoo. Menguji layanan 4.5G LTE mereka di 3 kota yaitu Jakarta, Bandung, dan Bali.

Kesimpulannya adalah sudah cukup banyak operator seluler Indonesia yang mulai mengembangkan jaringan 4G LTE ke 5G LTE seperti Indosat, XL, Telkomsel dan Smartfren. Bahkan target tahun 2020 pun memungkinkan untuk dicapai lebih cepat. Untuk jaringan 5G dengan segala konsep keunggulannya, siapkah B’timers menanti kelahirannya? Siapkah Indonesia menyambutnya? Kita nantikan jawaban dan kelahirannya, B’timers! (HG)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE