Jangan Terkecoh Harga Murah, Xiaomi Mi 4 Kloningan Sudah Beredar di Pasaran | Breaktime
Jangan Terkecoh Harga Murah, Xiaomi Mi 4 Kloningan Sudah Beredar di Pasaran
09.09.2015

Beberapa saat lalu, beredar berita tentang adanya Xiaomi Mi 4 pasaran. Seorang blogger asal Surabaya bernama Prasetyo Herfianto merasa kecewa setelah membeli Xiaomi Mi 4 di website jual-beli lokal. Tergiur dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan harga aslinya, yaitu hanya sebesar Rp 750 ribu, Prasetyo akhirnya membeli perangkat mobile tersebut.

Sayangnya, setelah barang berada di tangan, ada beberapa kejanggalan yang dirasakan Prasetyo seperti sistem MIUI 5 di dalamnya tidak dapat diupgrade ke MIUI 6 walaupun sudah update OTA (over the air), spesifikasi lensa, sensor sampai dengan penggunaan logonya berbeda dengan yang seharusnya.

Mi 4 Palsu

Secara sekilas, produk Mi 4 kloningan memiliki kemiripan yang sukar ditangkap oleh mata
Secara sekilas, produk Mi 4 kloningan memiliki kemiripan yang sukar ditangkap oleh mata

Sejak diperkenalkan ke publik pada bulan Juli 2014 dan diluncurkan satu bulan berikutnya, banyak orang yang tertarik untuk membeli dan memiliki Mi 4 karena produk satu ini memang merupakan salah satu memiliki spesifikasi yang sangat menawan dan merupakan andalan dari Xiaomi.

Sayangnya, keberadaan Xiaomi Mi 4 dimanfaatkan sejumlah produsen untuk membuat tiruannya dan menjualnya ke pasaran, seperti;

  • No. 1 Mi4 dari 001Phone asal China. Produk satu ini memiliki kemiripan dari sisi bentuk dan desainnya.  Bahkan dapat dikatakan apabila tidak ada logo No. 1 di bagian belakang, banyak orang akan tertipu karena dari sisi spesifikasi dan desainnya sangat mirip.
  • Xiaomi Mi4 (tiruan) yang produsen atau penjualnya tidak diketahui. Smartphone ini mungkin adalah yang dibeli oleh Prasetyo karena spesifikasi dan desainnya tidak berbeda dengan aslinya.
  • Zeaplus M4 dari 001Phone adalah smartphone yang juga memiliki desain mirip dengan Xiaomi Mi 4. Bahkan spesifikasi standar yang dimilikinya juga sama dengan yang dipunyai produk dari Xiaomi tersebut, hanya saja ada beberapa kekurangan di dalamnya dan tentu saja harganya sangat murah.

Cara membedakan Mi 4 asli dengan yang tiruan

Dengan cara-cara sederhana ini, B’timers bisa membedakan produk palsu dan tiruannya
Dengan cara-cara sederhana ini, B’timers bisa membedakan produk palsu dan tiruannya
  • Salah satu yang tidak dapat ditandingi Mi 4 kloningan adalah masalah resolusi layar. Mi 4 asli memiliki resolusi layar sebesar 1920 x 1080 pixel, sedangkan versi tiruannya hanya sebesar 960 x 540 pixel saja.
  • Harga juga tidak dapat mengelabuhi keaslian produk asli dengan yang tiruan. Rata-rata produk kloningan dijual dengan harga luar negeri sekitar USD 100 – 120 atau masih di bawah Rp 2 jutaan.
  • Menggunakan aplikasi pengecekan dari Xiaomi di website resminya lewat browser di PC atau laptop. Sebagai catatan, cara ini hanya berlaku untuk memeriksa originalitas Mi 4 atau Mi 4i saja.
  • Melakukan factory reset untuk menghapus semua data bawaan yang dibuat produsen peniru yang mampu mengakali aplikasi benchmark dan membuat spesifikasi produk tersebut terkesan seperti aslinya.
  • Memakai pengujian menggunakan Antutu, CPU-Z dan Sensor Box. Dengan menggunakan jenis pengujian tersebut, maka dapat diketahui apa apa yang kurang dari perangkat kloningan tersebut.
  • Memeriksa hasil foto adalah cara lain yang dapat B’timers lakukan, karena resolusi dan kualitas lensa Xiaomi Mi 4 sangat bagus dan jauh lebih baik dibandingkan dengan produk tiruannya.
  • Anda juga dapat memeriksa IMEI dan serial number yang terdapat di perangkat dengan di box bawaan. Pastikan semuanya sama.
  • Anda dapat mengidentifikasi produk asli dan tiruan melalui stiker importir yang tertempel di pembungkus plastiknya.
  • Terdapatnya kartu garansi dari Mi Indonesia serta lembaran yang berisikan cara penggunaan di dalam kardus serta berbahasa Indonesia, untuk produk asli.

Baca juga: 10 GADGET GESIT DENGAN RAM 5 GB YANG SIAP MELUNCUR TAHUN 2015 (PART 2)

Intinya, jangan pernah tergiur harga murah dan pastikan Anda mengecek dengan baik produk yang akan dibeli terutama untuk membeli produk xiaomi mi4 agar tidak tertipu dengan xiami mi4 kloningan. Be smart buyer, B’timers!

Share This Article