iPad Pro, Produk Revolusioner atau Sekedar Proyek Ambisius Apple? | Breaktime
iPad Pro, Produk Revolusioner atau Sekedar Proyek Ambisius Apple?
04.09.2015

Bagi B’timers yang sering mengikuti perkembangan dunia teknologi dan menjadi Apple fanboy, pastinya pernah mendengar rumor terkait iPad ‘raksasa’ yang akan diproduksi perusahaan Cupertino di tahun 2013 silam.

Ternyata bukan hanya sekadar rumor saja, di tahun 2015 ini, tablet yang diperkirakan akan berukuran sekitar 12,9 inci tersebut sedang dalam proses produksi. Rumor yang beredar sebelumnya, iPad model baru itu akan menggunakan beberapa fitur serta hardware yang digunakan dalam iPad Mini dan iPad Air, seperti prosesor A8 dan juga Touch ID.

Tidak berhenti di situ saja, muncul pula rumor terkait nama yang akan digunakan Apple untuk produk barunya tersebut, yaitu iPad Pro (ada pula yang menyebutkan bahwa namanya adalah iPad Air Plus) dan akan hadir dalam dua versi. Versi pertama, berukuran 4K atau dengan resolusi layar 4096 x 3072 pixel dan memiliki kepadatan warna sebesar 397 ppi. Kepadatan warna ini lebih tinggi dibandingkan iPad Air yang hanya sebesar 264 ppi atau juga iPad Mini dengan Retina Display 324 ppi. Sedangkan versi satunya disebut-sebut akan memiliki layar 2K.

Uniknya, mulai dari pertama kali rumor beredar sampai dengan pertengahan tahun 2015 ini, pihak Apple masih belum memberikan klarifikasi atau juga konfirmasi terkait dengan benar-tidaknya keberadaan iPad Pro tersebut.

Baca juga: TERNYATA TAK SEMUA AUTOBIOGRAFI STEVE JOBS DIRESTUI APPLE

Ukuran produk tablet terbaru Apple ini lebih besar dibandingkan dengan model-model iPad sebelumnya
Ukuran produk tablet terbaru Apple ini lebih besar dibandingkan dengan model-model iPad sebelumnya

Seiring rumor ini, ada pula foto-foto penampakan dari produk yang diduga iPad Pro, beredar luas di internet. Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa ukuran dari iPad Pro lebih tipis dibandingkan dengan iPad Air dan iPad Air 2. Selain itu, ukurannya hampir sama besar dengan ukuran layar MacBook. Diperkirakan, produksi tablet dengan layar besar ini disebabkan keinginan Apple untuk menyuguhkan perangkat portable canggih bagi para profesional tanpa harus terbebani untuk membawa laptop atau notebook ke mana-mana.

Menurut sebuah blog teknologi terkenal dari Jepang, Macotakara, iPad Pro diperkirakan akan dirilis pada akhir tahun 2015 ini dengan ukuran 12,2 inci bukan 12,9 inci seperti yang dirumorkan sebelumnya. iPad ini akan dilengkapi detachable keyboard seperti yang digunakan oleh Microsoft untuk Surface Pro 3 mereka. Sementara itu, KGI Securities, Ming Chi-Kuo, menyebutkan bahwa iPad Pro akan dilengkapi dengan layar safir yang kuat dan tahan gores serta menggunakan stylus untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan produk tersebut.

Diperkirakan pula, nantinya operating system yang bakal digunakan dalam iPad Pro adalah gabungan antara Mac OS X dan iOS. Beberapa kabar lain menyebutkan, iPad Pro memiliki ukuran 305,31 x 220,8 x 7,2 mm, dilengkapi dengan port USB Type C, layarnya menggunakan teknologi oxide TFT, memiliki berat 453,6 gram, memiliki kamera dengan dual LED flash, menggunakan material aluminium, dilengkapi dengan internal storage sebesar 256GB, memakai prosesor A9 terbaru, dan disempurnakan dengan fasilitas eye tracking.

Well, dengan layar sebesar itu, menurut B’timers sendiri, apakah iPad Pro atau iPad Air Plus tersebut adalah produk revolusioner dari Apple atau hanya sekedar proyek ambisius untuk menyaingi Samsung atau Microsoft? (das)

Share This Article