iOS 9, Sistem Operasi Besutan Apple yang Wajib Dijajal | Breaktime
iOS 9, Sistem Operasi Besutan Apple yang Wajib Dijajal
10.09.2015

Apple baru saja berhasil membuat iOS 9 yang akan segera diluncurkan ke pasaran. Sebelum benar-benar meluncurkan untuk digunakan secara luas, Apple memperkenalkan keunggulan sistem operasi terbarunya ini:

News

iOS 9 menambahkan aplikasi baru ke layar utama alias home screen. Aplikasi bernama ‘News’ ini akan mengumpulkan apa saja yang paling sering Anda baca dan menampilkannya di layar Anda. Anda akan tetap update tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi. Selain itu, desain tampilannya pun sangat interaktif sehingga memudahkan Anda membaca artikel maupun berita.

Note

Note dalam iOS 9 sangatlah berbeda dan canggih. Tak hanya membuat checklist, Anda juga bisa menambahkan foto, peta, URL, bahkan menggambar sketsa dengan tangan Anda. Yang paling menarik, aplikasi ini terhubung dengan iCloud dan membuat Anda bisa mengupdate note di beberapa perangkat sekaligus.

Salah satu fitur iOS 9
Salah satu fitur iOS 9

Maps

Tak hanya sebagai penunjuk jalan, aplikasi Maps terbaru akan menghadirkan informasi lengkap apa saja yang akan Anda lalui selama perjalanan. Dilengkapi dengan fitur baru bernama Transit dan Nearby. Transit akan memudahkan Anda menemukan rest area dan pom bensin terdekat. Sedangkan Nearby yang disematkan dalam Maps, akan memudahkan Anda mengetahui tempat belanja, restoran dan semua yang ada disekitar Anda.

Wallet

Lupa bawa uang tunai? Tenang saja, kini Anda membayar menggunakan Apple Pay yang terdapat pada aplikasi Wallet. Hanya dengan double-click pada Home button Anda bisa membuka Wallet meskipun iPhone terkunci.

CarPlay

Aplikasi baru ini memungkinkan iPhone Anda terhubung dengan mobil menggunakan sambungan tanpa kabel. Dengan CarPlay, Anda akan lebih mudah mengontrol mobil Anda ketika sedang dalam perjalanan.

Multitasking, kelebihan iOS 9
Multitasking, kelebihan iOS 9

Multitasking

Fitur baru ini disematkan pada iPad, sehingga Anda bisa membuka dua pekerjaan dalam satu layar. Fitur Multitasking dilengkapi dengan Slide Over, Split View, dan Picture in Picture. Apa bedanya? Anda wajib mencobanya sendiri.

QuickType

Ingin menulis dengan cepat? Fitur QuickType menjawabnya. Anda bisa memberikan bold, italic, underline, serta melakukan copy paste hanya dalam satu sentuhan.

Baca juga: IPAD PRO, PRODUK REVOLUSIONER ATAU SEKEDAR PROYEK AMBISIUS APPLE?

Smarter Siri

Dalam iOS 9, pengetahuan Siri ditambah. Kini ia bisa menjawab pertanyaan Anda dengan topik yang lebih luas dan jawaban yang lebih beragam. Siri akan menangkap secara akurat apa yang Anda katakana dan menjawabnya dengan cepat.

Selain beberapa fitur baru dan fitur lama yang di update, iOS 9 juga menjanjikan daya tahan baterai yang lebih lama, keamanan yang lebih terjamin, serta kecepatan respon yang meningkat.

Share This Article