Intip Tips-Tips Memilih Notebook Yang Baik | Breaktime
Intip Tips-Tips Memilih Notebook Yang Baik
10.11.2016

Notebook adalah salah satu gadget yang memiliki ukuran yang lebih mungil dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan laptop sehingga tidak mengherankan jika gadget elektronik ini memiliki basis penggemar yang cukup luas. Akses pilihan notebook beserta fitur-fiturnya pun semakin dipermudah berkat meningkatnya penjual yang menyediakan notebook-notebook terbaru. Akan tetapi, dengan semakin banyaknya produk notebook yang bertebaran di pasaran, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih notebook sehingga Anda mendapatkan produk notebook yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang baru kali ini membeli notebook, Anda dapat mengikuti tips-tips memilih notebook di bawah ini.

Baca juga : 5 RAHASIA LAPTOP LEBIH PANJANG UMUR

  • Tentukan Kebutuhan Anda

Salah satu dari tips-tips memilih notebook adalah Anda tidak boleh asal membeli, karena hal tersebut  dapat menyebabkan Anda mendapatkan produk notebook dengan spesifikasi yang tidak mumpuni. Pertama-tama, ketahuilah dan deskripsikan kebutuhan Anda, dan pastikan bahwa notebook yang Anda incar memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menginginkan notebook untuk kebutuhan desain grafis atau untuk kebutuhan hiburan bermain game 3D, Anda harus mencari notebook yang memiliki spesifikasi kapasitas memori 2 GB sebagai kapasitas yang terendah, serta memiliki kartu grafis yang terpisah dengan memori grafis sekitar 256 MB, serta prosesor berjenis Core 2 Duo atau Core i untuk menjamin performa yang mulus dan maksimal sehingga mencegah lagging. Notebook dengan spesifikasi di atas pada umumnya memiliki harga yang cukup mahal, jadi B’Timers harus bersedia untuk merogoh kantong sedikit lebih dalam. 

Intip Tips-Tips Memilih Notebook  Yang Baik | Breaktime
Lebih cermat dalam memilih notebook, ya!

Sedangkan bagi Anda yang membutuhkan notebook untuk keperluan tugas kantor saja, Anda tidak memerlukan notebook dengan spesifikasi khusus, cukup dengan notebook dengan spesifikasi standar saja sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda.

  • Ukuran Layar

Ukuran layar menjadi faktor penting kedua dalam menentukan pilihan dalam membeli notebook. Apabila pekerjaan Anda berkutat dalam bidang pengetikan, maka ada baiknya Anda memilih notebook dengan ukuran layar yang lebar sehingga Anda dapat mengetik selama berjam-jam dengan leluasa dan tidak membuat mata Anda lelah

  • Memiliki Garansi Resmi

Memilih notebook bergaransi resmi tentunya sangat penting untuk Anda perhatikan, karena apabila terjadi kerusakan perangkat keras, Anda dapat membawanya ke service center untuk mendapatkan perbaikan perangkat tanpa harus membayar biaya reparasi yang tergolong sangat mahal.

  • Baterai

Sama seperti saat Anda memilih smartphone, Anda juga perlu mempertimbangkan daya tahan baterai notebook. Cara mudah untuk melihat daya tahan baterai notebook adalah dengan memperhatikan berapa cell yang terdapat pada baterai tersebut. Semakin besar jumlah cell-nya, maka daya tahan lama baterai akan semakin awet. Contohnya adalah notebook dengan deskripsi baterai berjumlah 8cell akan jauh lebih awet dibandingkan dengan notebook dengan baterai yang hanya memiliki 4cell.

  • Meminta Referensi

Meminta pendapat dan referensi dari teman-teman atau anggota keluarga yang pernah membeli atau ahli dalam bidang gadget adalah cara yang paling efektif dalam menemukan produk notebook yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Anda juga dapat meminta referensi kepada penjual notebook untuk memberikan rekomendasi merek-merek notebook dengan spesifikasi yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Demikianlah tips-tips memilih notebook yang dapat membantu Anda dalam menemukan notebook impian Anda. Semoga artikel ini turut memberikan bantuan bagi Anda, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE