Cara Jitu Waspada Hacker Saat Belanja Online | Breaktime
Intip Cara Jitu Waspada Hacker Saat Belanja Online
10.02.2016

Menjamurnya berbagai situs belanja online memang memudahkan Anda dalam berbelanja. Cukup dengan klik foto barang yang akan dibeli, transfer uang, konfirmasi, dan barang Anda sudah sampai di rumah dalam beberapa hari. Namun, sadarkah Anda bahwa di balik kenyamanan dan kemudahan tersebut sebenarnya selalu ada bahaya yang mengintai? Itulah mengapa Anda perlu waspada hacker saat belanja online.

Benar. Bicara soal situs online selalu tidak bisa terlepas dari kasus peretasan atau hacking. Tak hanya website atau laman-laman penting milik instansi maupun kepemerintahan, situs belanja online juga tak lepas dari sasaran hacker atau peretas untuk mendapatkan keuntungan tertentu. Nah, agar terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Cara Jitu Waspada Hacker Saat Belanja Online | Breaktime
Perhatikan risiko di balik kemudahannya

Pilih situs terpercaya

Ini tentu sudah menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk melakukan jual beli yang aman melalui toko online, pilihlah situs yang terpercaya. Salah satu ciri situs terpercaya biasanya banyak diiklankan atau melakukan promosi di televisi. Situs terpercaya biasanya juga sudah memiliki izin dari badan hukum Indonesia. Meski risiko terkena peretasan masih mungkin terjadi, setidaknya perusahaan akan memberi kompensasi pada Anda.

Password

Salah satu cara untuk waspada hacker saat belanja online adalah dengan membuat password yang kuat untuk akun Anda. Password atau kata sandi dianggap kuat jika Anda menggabungkan huruf, angka dan karakter tertentu dengan susunan yang rumit. Jangan pernah berbagi password kalian, dan hati-hati saat mengetik password di tempat umum.

Cara Jitu Waspada Hacker Saat Belanja Online | Breaktime
Buatlah kata sandi yang rumit agar lebih aman

Jangan asal klik

Abaikan saja ketika ada link bermunculan atau e-mail dan SMS asing yang meminta Anda mengeklik link tertentu. Anda jangan sembarangan menerima link meski kadang dicantumkan kata-kata atau embel-embel yang menggiurkan. Siapa tahu itu adalah situs phishing yang bisa mem-back up dan mencuri seluruh data di ponsel atau laptop Anda.

Jangan bertransaksi lewat Wi-Fi umum

Ini adalah hal yang sering diabaikan oleh banyak orang ketika berbelanja online. Padahal melakukan transaksi menggunakan Wi-Fi umum berisiko mengalami pencurian data. Sedangkan koneksi Wi-Fi adalah jalan paling mudah bagi para peretas melakukan cyber-crime.

Cara Jitu Waspada Hacker Saat Belanja Online | Breaktime
Wi-Fi umum memudahkan hacker dalam meretas

Matikan Bluetooth dan gunakan paket data ponsel

Mematikan Bluetooth adalah cara sederhana namun sangat bermanfaat untuk keamanan saat bertransaksi online. Dengan mematikan Bluetooth dan hanya menggunakan data ponsel, proses belanja Anda akan lebih aman dari jangkauan tangan hacker yang jahil.

Setelah membaca informasi di atas, B’timers diharapkan lebih aware terhadap kemungkinan bahaya kejahatan yang mengintai di dunia maya. Untuk berbagi manfaat lewat artikel ini, bagikan tips dan cara untuk waspada hacker saat belanja online ini, ya! (nap)

Share This Article