Inilah Tips Membuat Komputer Menjadi Lebih Cepat | Breaktime
Inilah Tips Membuat Komputer Menjadi Lebih Cepat
15.11.2016

Pernahkah Anda mengalami saat dimana performa komputer Anda mendadak menjadi lambat atau bahkan macet sama sekali di tengah-tengah  Anda mengerjakan tugas. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan dan dapat membuat Anda frustrasi, terutama saat Anda sedang berusaha mengejar deadline tugas kantor. Mematikan dan menyalakan ulang komputer Anda ternyata juga tidak terlalu banyak membantu karena komputer Anda kembali melambat. Lalu bagaimanakah tips membuat komputer menjadi lebih cepat?

Baca juga : 5 MITOS VIRUS KOMPUTER YANG TERNYATA SALAH KAPRAH

  • Membersihkan Program Komputer Secara Berkala

Salah satu tips membuat komputer menjadi lebih cepat adalah dengan membersihkan komputer Anda dari program-program yang tidak Anda gunakan secara berkala atau program-program dengan kapasitas file yang besar. Alasannya adalah karena program-program tersebut membebani prosesor sehingga membuat performa dari komputer melambat. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki program-program yang tidak Anda gunakan, ada baiknya Anda menghapus program-program tersebut dari sistem komputer.

Selain itu, juga jangan lupa untuk mengosongkan recycle bin melakukan de-frag, membersihkan cache, history dari browser, registry serta file sementara (temporary files) yang juga berpotensi untuk membuat performa komputer Anda menjadi buruk.  Untuk melihat dan mempermudah penghapusan program, Anda dapat mengakses Control Panel > Programs > Programs/Features

  • Hindari Menyimpan file-file di Local Disk C

Seperti yang telah Anda ketahui, Local Disk C adalah bagian “otak” dari komputer Anda dan merupakan tempat untuk menyimpan program-program yang dibutuhkan oleh komputer. Apabila Anda menyimpan file-file Anda di drive ini, maka file-file tersebut akan membebani Local Drive C dan mengakibatkan performa komputer Anda melambat. Simpanlah file-file Anda di drive yang lain, seperti (D), (E), atau (F) agar tidak membebani komputer Anda.

  • Gunakan Tema Klasik

Memiliki tema yang menarik yang sesuai dengan kepribadian Anda memang sangat menggiurkan, dengan mengunduh tema-tema tersebut secara gratis dari internet Anda akan mendapatkan tema dengan penampilan yang unik dan berbeda dari yang lain.

Inilah Tips Membuat Komputer Menjadi Lebih Cepat | Breaktime
Membersihkan komputer secara berkala itu penting, lho!

Akan tetapi, penggunaan tema yang beraneka ragam tersebut dapat membuat sistem komputer kewalahan sehingga menurunkan performa komputer. Komputer juga akan macet lebih sering terutama jika Anda memasang tema yang memiliki fitur animasi. Untuk mencegah hal tersebut, yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan tema klasik yang telah disediakan di dalam komputer Anda.

Walaupun dengan menggunakan tema klasik ini akan membuat komputer Anda terlihat membosankan dan tidak berwarna,  sebagai gantinya Anda akan mendapatkan komputer dengan performa yang cepat dan mengagumkan. Jadi, makanah yang B’Timers pilih?

  • Hindari Pemakaian Slide Show Sebagai Background

Saat Anda meninggalkan komputer Anda dalam selang beberapa menit atau jam, komputer Anda akan menampilkan layar hitam untuk menghemat energi. Akan tetapi, mungkin menurut Anda  akan lebih menarik jika Anda memasang slideshow sebagai desktop background. Meskipun mungkin dengan begitu laptop Anda tidak terlihat membosankan, slideshow tersebut bisa jadi merupakan penyebab dari melambatnya performa komputer Anda.

Penggunaan desktop wallpaper dengan resolusi yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan komputer Anda terganggu performanya.

  • Menambah atau Upgrade RAM

Tips terakhir adalah dengan menambah kapasitas RAM dengan cara meng-upgradenya. Dengan kapasitas RAM yang besar, akan membuat PC Anda beroperasi lebih cepat  dengan performa yang prima.

Demikianlah tips membuat komputer menjadi lebih cepat. Semoga membantu! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE