Ini Alasan Ponsel Buatan Cina Dibanderol Murah | Breaktime
Inilah Alasan Mengapa Ponsel Buatan Cina Dibanderol Sangat Murah
10.11.2015

Smartphone buatan Cina kini sudah tersebar di seluruh dunia dan sukses meraup keuntungan besar dari penjualan yang laku keras. Spesifikasi tinggi dan harga yang murah menjadi kunci utama di balik keberhasilan Cina memasarkan berbagai produk smartphone-nya. Mungkin B’timers yang menggunakan smartphone buatan Cina juga sempat merasakan heran saat awal pemakaian.

Ya, meski brand atau mereknya tak setenar produk smartphone lain yang sudah lebih dulu populer, kualitas smartphone buatan Cina terbilang sama bagusnya dan bahkan sama cepatnya ketika dipakai atau dioperasikan. Lalu, apa rahasia di balik harga smartphone yang murah namun berkualitas?

Upah tenaga kerja murah

Salah satu alasan utama dan sudah menjadi rahasia umum adalah biaya tenaga kerja yang murah untuk membuat smartphone. Para tenaga kerja memang mendapat upah yang rendah, inilah mengapa banyak perusahaan membangun pabrik di sana. Perusahaan Cina seperti Xiaomi, Huawei dan Meizu juga meraup keuntungan dari produksi lokal yang membuat biaya transportasinya lebih murah, sebab biayanya dialihkan kepada customer.

Teknologi tinggi namun tidak revolusioner

Faktor lainnya dalah perusahaan Cina tidak membekali smartphone mereka dengan hardware terbaru dan terbaik. Mereka lebih tertarik menyeimbangkan harga dengan performance.  Anda bisa menelusuri dan menemukan website yang menjual smartphone Cina dengan spesifikasi tinggi namun harganya lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S6.

Fokus pada penjualan online

Sebagian besar perusahaan Cina lebih memilih e-commerce atau penjualan online untuk memasarkan produknya. Perusahaan seperti Apple atau Samsung menghabiskan biaya besar untuk membangun gerainya sendiri. Jadi, saat customer membeli produknya, selain membayar ponsel mereka juga membayar biaya distribusi, biaya pembukaan serta pengelolaan toko atau gerainya.

Ini Alasan Ponsel Buatan Cina Dibanderol Murah | Breaktime
Smartphone buatan Cina sukses menarik minat customer di seluruh dunia

Pemasaran yang murah

Mungkin Anda sudah sering melihat promo smartphone besar-besaran seperti HTC yang mengontrak Robert Downey Jr atau Sony yang menyertakan Xperia Z5 dalam film James Bond. Jika itu menghabiskan biaya besar, tidak dengan perusahaan Cina. Mereka memanfaatkan berbagai media sosial sebagai marketing tools yang jelas lebih murah namun sama efektifnya.

Kuantitas terbatas

Strategi penjualan yang sangat baik, terutama di Cina, adalah menciptakan permintaan produk. Jika orang mengetahui seri ponsel tertentu akan segera habis, maka mereka akan terburu-buru membelinya. Metode ini terbukti sukses saat Xiaomi Mi4 terjual habis hanya dalam 37 detik.

Menjual aksesori ponsel

Perusahaan Cina biasanya hanya mendapat untung yang sedikit dari penjualan smartphone-nya saja. Karena itulah mereka turut menjual berbagai aksesori untuk mendongkrak penjualan ini. Aksesori yang paling diminati adalah phone cover. Namun, ada juga yang bahkan menjual sepatu dan sandal, seperti Xiaomi. Inovatif, bukan?

Bagaimana dengan kualitasnya?

Seringkali, bahkan hingga sekarang, smartphone buatan Cina diyakini memiliki kualitas yang rendah. Namun, anggapan itu sudah semakin pudar. Ya, mungkin bahannya memang bukan yang paling berkualitas tinggi, tetapi bukan berarti bahan yang digunakan memiliki kualitas buruk. Selain itu, smartphone Cina selalu dibekali fitur yang mumpuni untuk browsing internet, messaging dan berbagai media lainnya.

Nah, bagaimana dengan B’timers? Jika Anda tak ingin terlalu menguras kantong untuk membeli ponsel yang berkualitas, smartphone buatan Cina bisa menjadi pilihan terbaik. (md)

Share This Article