Tradisi Unik Bagi Para Hantu Di Seluruh Dunia | Breaktime
Ini Tradisi Unik Bagi Para Hantu Di Seluruh Dunia
31.12.2015

Anda percaya pada hantu, B’timers? Kebudayaan di seluruh dunia mempercayai bahwa hantu merupakan roh dari mereka yang telah mati, yang tidak bisa pergi dari dunia karena masih memiliki urusan yang belum selesai. Keberadaan hantu terbukti dengan banyaknya beredar foto atau video yang memperlihatkan sosok mereka.

Hantu menjadi semakin populer sejak berabad-abad silam. Selain muncul di berbagai cerita dan legenda kepercayaan masyarakat sekitar, kitab-kitab keagamaan pun membahas tentang adanya makhluk lain yang kasat mata di sekitar kita.

  • Meksiko, Dia de los Muertos

Meksiko dan beberapa negara di Amerika Latin melakukan penghormatan khusus bagi roh melalui tradisi ini, atau lebih dikenal dengan ‘Day of the Dead’. Selama perayaan ini masyarakat percaya mereka yang telah mati akan bangkit kembali dan jiwa-jiwa mereka akan kembali ke dunia untuk merayakan tradisi ini.

Tradisi ini biasanya dilakukan setiap 1 dan 2 November. Bagi para keluarga yang telah ditinggalkan orang-orang tercinta, akan melalukan parade dan festival jalanan. Dan juga dengan meletakkan foto, bunga, makanan, minuman, dan permen untuk mereka yang telah mati.

Tradisi Unik Bagi Para Hantu Di Seluruh Dunia | Breaktime
Festival unik di berbagai negara bisa menjadi daya tarik wisatawan
  • Asia, Hungry Ghost Festival

Para hantu akan datang ke bumi selama 1 bulan penuh setiap bulan ke – 7 kalender Cina. Berdasarkan legenda bangsa Cina yang mereka percayai, hantu akan datang dengan energi negatif. Makanan akan disiapkan dalam ritual ini, sementara sebagian orang akan membakar uang-uangan untuk menenangkan para hantu yang datang, yang lain akan menghanyutkan perahu kertas dan lentera di air untuk memberi petujuk hantu yang tersesat.

  • Irlandia, festival, api unggun, membaca nasib

Seperti perayaan Halloween, dalam perayaan ini, bangsa Irlandia melakukan parade di jalanan. Yang berbeda adalah adanya tradisi memakan semacam fruit cake, dan permainan membaca keberuntungan. Dan jika Anda mendapatkan potongan kain lap, makan akan mendapatkan masalah keuangan. Jika menemukan cincin, berarti cinta akan berkembang sebentar lagi.

Nah, B’timers, percaya atau tidaknya dengan hantu, arwah atau roh, hal itu tergantung keputusan kita sendiri. Tapi tidak ada salahnya jika Anda ikut menyaksikan tradisi-tradisi unik tersebut, kan? (no)

Share This Article