5 Dampak Baik Terlalu Sering Pakai Emoji di Chat | Breaktime
Ini Lho 5 Dampak Baik Terlalu Sering Pakai Emoji di Chat
03.02.2016

Emoji memang sering digunakan di chat atau percakapan online untuk menciptakan suasa percakapan yang menyenangkan. Namun tak hanya itu, penelitian telah menemukan bahwa emoji memberikan efek positif dengan alasan yang ilmiah. Daripada penasaran, simak dampak terlalu sering pakai emoji di chat berikut ini.

Membantu Anda lebih populer

Penelitian di Simo Tchokni of the University of Cambridge menemukan bahwa fitur emoji di layanan chat memiliki kinerja tinggi dengan menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara penggunaan emoticon dan kekuatan sosial. Karena itu, jika Anda sering menggunakan emoji di medsos, Twitter misalnya, akan menjadi marker tersendiri yang membuat Anda populer.

Emoji berbicara lebih dari kata-kata

B’timers, saat kata-kata tidak bisa mewakili apa yang Anda rasakan, emoji bisa membantu mengungkapkannya. Hal ini dikuatkan dengan pendapat seorang peneliti, Dr. Owen Churches dari Flinder University yang mengatakan bahwa emoji adalah metode komunikasi baru ketika kata-kata dan gerakan tidak mewakili pesan.

5 Dampak Baik Terlalu Sering Pakai Emoji di Chat | Breaktime
Emoji mengungkapkan apa yang tidak bisa diungkapkan

Melembutkan kalimat kritik

Saat Anda ingin memberikan kritikan atau feedback terhadap suatu hal pada rekan kerja, emoji akan sangat membantu Anda. Studi tentang komunikasi di tempat kerja menunjukkan bahwa ketika seorang supervise memberikan kritik negatif pada karyawan kemudian dilengkapi dengan emoji positif, karyawan cenderung merasa lebih baik membaca feedback tersebut dan lebih mungkin untuk melakukan perubahan seperti yang diminta atasan. Keren, kan?

Suasana kerja lebih menyenangkan

Salah satu dampak terlalu sering pakai emoji di chat adalah membuat suasana kerja menjadi menyenangkan. Saat Anda dalam kepenatan dan kesibukan bekerja, selingan chat dengan rekan kantor tentu akan membuat Anda lebih santai dan rilex. Apalagi jika chat tersebut dilengkapi dengan emoji-emoji lucu yang mengundang senyum.

5 Dampak Baik Terlalu Sering Pakai Emoji di Chat | Breaktime
suasana kerja lebih menyenangkan dengan emoji di chat

Membantu Anda menjadi pribadi yang lebih ramah

Anda ingin terlihat smart dan ramah di media sosial, B’timers? Emoji adalah salah satu jawabannya. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan peserta yang melakukan chatting online dengan para ahli kesehatan dan film, menunjukkan perbedaaan besar telah terungkap. Mereka yang aktif menggunakan emoji positif terlihat jauh lebih ramah jika dibandingkan dengan mereka yang jarang menggunakan emoji.

Nah, B’timers. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dan dampak terlalu sering pakai emoji di chat yang baik, rajin-rajinlah menyelipkan emoji positif di setiap pesan online atau chat Anda dengan teman-teman, ya! (nap)

Share This Article