Ini Dia Kelebihan Windows 10 yang Wajib Dicoba! | Breaktime
Ini Dia Kelebihan Windows 10 yang Wajib Dicoba!
24.08.2015

Baru-baru ini, Microsoft meluncurkan Operating System (OS) terbaru mereka, yakni Windows 10. Tak tanggung-tanggung Windows 10 dapat di-install secara gratis. Tapi, apa saja ya kelebihan Windows 10 dibandingkan dengan pendahulunya?

Secara singkat, tampilan dan penggunaan Windows 10 lebih interaktif dan user friendly jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, terdapat beberapa fitur tambahan baru yang terjamin handal. Berikut ulasannya:

Universal

Satu akun untuk beberapa perangkat
Satu akun untuk beberapa perangkat

Windows 10 dibangun agar dapat berjalan di berbagai platform dan perangkat, seperti PC, smartphone, tablet, dan Xbox One konsol. Desain Windows 10 sengaja dibuat responsif dan dapat menyesuaikan dengan perangkat input yang tersedia.

Selain desain, fitur Windows Store juga memungkinkan pengguna melakukan ‘cross-buys’ alias memakai satu lisensi aplikasi untuk semua perangkat yang terhubung dengan akun Anda. Cukup membayar sekali untuk sebuah aplikasi PC, Anda berhak mendapatkan lisensi untuk versi tablet dan smartphone.

Antarmuka

#Menu start

Kangen dengan start menu Windows 7, tapi tak bisa meninggalkan start screen Windows 8? Anda wajib mencoba Windows 10! Tampilan menu pada Windows 10 menggabungkan start menu Windows 7 dan start screen Windows 8. Penataan menu pun sangat fleksibel dan dapat Anda atur sesuka hati.

#Task View

Tampilan desktop layaknya smartphone
Tampilan desktop layaknya smartphone

Terbiasa menggunakan smartphone Android? Anda akan menemukan tampilan yang tak jauh berbeda pada Windows 10. Windows versi sebelumnya hanya memiliki sebuah desktop, tapi dengan Windows 10, Anda bisa membuat beberapa desktop dengan task berbeda sekaligus. Fitur baru ini diperkenalkan dengan nama Task View.

#Snap Assist

Ingin membandingkan dua pekerjaan dalam satu layar? Gunakan fitur ‘Snap Assist’. Sebelumnya, Windows hanya mengijinkan jendela program dengan modus layar penuh, Windows 10 memungkinkan jendela program ditampilkan hanya setengah sisi layar dan mengijinkan setengah sisi lagi untuk jendela program yang lain.

#Tablet mode

OS baru ini sangat cocok dipasang pada perangkat hybrid yang bisa menjadi tablet dan notebook sesuai kebutuhan. Windows 10 menawarkan ‘Tablet mode’ yang dirancang untuk mengubah antarmuka menjadi antarmuka layar sentuh hanya dengan mengaktifkan ‘Tablet mode’. Ketika tablet mode diaktifkan, tampilan akan menyesuaikan seperti pada tablet pada umumnya. Saat nonaktif, Anda bisa bekerja dengan tampilan sebuah laptop atau notebook.

Microsoft Edge

Windows 10 meninggalkan Internet Explorer dan memperkenalkan web browser bawaan terbaru bernama Microsoft Edge yang lebih canggih. Menawarkan fungsionalitas Trident, alat anotasi, dan terintegrasi dengan perangkat Windows 10 lainnya, membuat Microsoft Edge sangat jauh berbeda dengan Internet Explorer.

Cortana

Pernah kenal Siri milik Apple? Microsoft memperkenalkan asisten pribadi bernama Cortana yang dapat Anda ajak bicara, Anda minta untuk mencatatkan jadwal, ataupun sebagai penunjuk jalan dan kondisi traffic layaknya WAZE. Meskipun telah ditanamkan pada Windows 8.1, Cortana pada Windows 10 memiliki kemampuan yang lebih handal sebagai kotak pencarian universal.

Ingin berkenalan lebih jauh? Anda bisa mencoba emulator Windows 10 di website resmi Windows. Tapi intip dulu yuk aksi Cortana!

Share This Article