Ini Alasan Facebook Jadi Saingan Berat Google | Breaktime
Ini Alasan Facebook Jadi Saingan Berat Google
28.06.2016

Dua raksasa di dunia internet ini bisa dibilang sudah “menguasai” dunia. Ya, B’timers pasti kenal mesin pencari Google dan media sosial Facebook. Meski keduanya punya tema ygn berbeda, namun ternyata Facebook dianggap sebagai saingan berat Google, lho. Kenapa demikian? Ini alasan mengapa Facebook jadi saingan Google.

Kompetisi lewat iklan video online

Google memang punya Youtube yang jadi andalan platform video bagi sejuta umat. Namun, Facebook kini sudah semakin merambah iklan video online yang bahkan nyaris menyaingi Google. Anda pasti menyadari semakin banyak saja video iklan ataupun video unik Facebook yang muncul di beranda setiap kali Anda membuka Facebook, kan? Nah.

Jika di Amerika Serikat, memang unique viewer video di Facebok masih lebih sedikit daripada di Google. Namun, dari tahun ke tahun angka itu terus bertambah. Selain itu, pada tahun 2014 ada titik balik di mana Facebook pernah mengalahkan Google lewat fitur auto-play video.

Ini Alasan Facebook Jadi Saingan Berat Google | Breaktime
Persaingan Facebook dan Google yang semakin sengit

Sebelumnya, di Youtube memang tak banyak terselip iklan saat kita menonton video, kan? Nah, dengan fitur auto-play video yang dimiliki Facebook, kala itu pada Agustus 2014, untuk pertama kalinya jumlah penonton desktop video Facebook mengalahkan Youtube, wow.

Jadi, Facebook jadi saingan Google ternyata lewat fitur video yang ada pada keduanya. Meski Google masih merajai karena mereka punya Youtube yang berdiri sendiri sebagai sebuah website khusus untuk streaming video, namun Facebook kini semakin aktif juga di video advertising-nya. Inilah yang menjadikan Facebook saingan terberat Google.

Ditambah lagi, Facebook juga punya sederet fitur lain yang tersedia untuk siapa saja yang ingin memasarkan bisnis secara online dan masih banyak lagi. Jelas sepak terjang sosmed milik Mark Zuckerberg ini tak bisa dipandang sebelah mata bagi Google.

Facebook jadi saingan Google, tampaknya tak menjadi sesuatu yang asing dan mengherankan lagi ya, B’timers? (md)

Share This Article