Ini 3 Penyebab Android Lemot Setelah Upgrade | Breaktime
Ini 3 Penyebab Android Lemot Setelah Upgrade
15.11.2017

Istilah “smartphone android” pasti sudah tak asing kan di telinga Anda? Android merupakan Sistem  Operasi terbesar di dunia  yang paling sering digunakan untuk berbagai macam merk smartphone. Android dirilis pada tahun 2007 dan diimplementasikan pada smartphone HTC Dream yang diluncurkan pada tahun 2008. Semenjak saat itu, permintaan atas smartphone berbasis Operating System ini pun semakin bertambah, dan perusahaan Android pun terus-menerus melakukan upgrade secara berkala. Seringkali upgrade OS terjadi secara otomatis. Hanya saja seringkali smartphone android lemot setelah upgrade. Wah, apa penyebabnya, ya?

Kalau Android lemot setelah upgrade, kebanyakan dari Anda pastinya akan merasa kesal. Pertanyaan “what’s the point?” pun mungkin akan terlintas di benak Anda. Suka tak suka, upgrade sistem Android at some point memang perlu untuk dilakukan. Di dalam tiap versi Android yang sudah terupdate terdapat berbagai macam fitur yang sudah ter-update untuk semakin memanjakan Anda. Selain itu, android yang sudah diupgrade memiliki sistem keamanan yang juga jauh lebih kuat sehingga mencegah tangan-tangan nakal dari meretas data pribadi yang terdapat di smartphone Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Android Lemot Padahal RAM Masih Banyak? Ini Solusinya

Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa lemotnya smartphone Anda akibat upgrade tersebut memang sangat mengganggu. Penyebab yang pertama and the most likely adalah, kapasitas RAM di dalam smartphone Anda tidak kompatibel atau tidak dapat menampung kapasitas dari upgrade tersebut. Akibatnya, memori internal pun mengalami overload sehingga memperlambat pengolahan perintah sehingga smartphone Anda menjadi lemot.

Hal tersebut diperburuk jika Anda menampung banyak sekali aplikasi bermuatan besar, umumnya aplikasi media sosial atau aplikasi games RPG. Umumnya, smartphone Anda akan memunculkan notifikasi yang memberitahukan bahwa memori RAM Anda penuh, dan Anda akan diminta untuk menghapus beberapa aplikasi berat untuk membebaskan space RAM smartphone Anda. 

Ini 3 Penyebab Android Lemot Setelah Upgrade | Breaktime
Android lemot setelah upgrade; kenapa ya?

B’Timers perlu meluangkan waktu untuk menyortir aplikasi mana yang tidak terlalu Anda gunakan. Sedangkan jika aplikasi yang memakan ruang tersebut ternyata sangat Anda butuhkan, Anda dapat memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Proses memindahkan aplikasi atau data dari memori internal ke memori eksternal disebut dengan rooting.

Selain gara-gara memori RAM yang penuh, bisa jadi penyebab android jadi lemot setelah upgrade adalah akibat softwares Android yang tidak diupdate. Sama seperti sistem operasi Android, beberapa aplikasi di dalam smartphone Anda juga membutuhkan update yang terjadwal. Tujuannya tak hanya untuk menyempurnakan fitur-fitur yang di dalamnya, tapi juga untuk menjaga agar aplikasi tersebut tetap kompatibel dengan versi dari Android Anda. Umumnya upgrade tersebut berlangsung secara otomatis begitu Anda terhubung dengan internet.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menanti Rilisan Huawei Mate 10 Pro Indonesia

Tapi B’Timers juga bisa mengatur sendiri kapan Anda ingin melakukan update aplikasi, alias melakukan update manual. Hanya saja seringkali kita merasa malas atau mungkin lupa untuk update softwares tersebut. Akibatnya, begitu sistem operasi Android Anda ter-upgrade softwares tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Makanya, rajin-rajinlah melakukan software updates ya!

Atau bisa juga penyebab dari handphone Android yang lemot bukan karena upgrade, melainkan karena jumlah aplikasi yang terbuka terlalu banyak. Sering terjadi kan, B’Timers? Saat dimana Anda langsung menekan tekan “Home” setelah Anda membuka aplikasi YouTube, misalnya. Anda menyangka aplikasi tersebut akan menutup secara otomatis, padahal aplikasi streaming video tersebut masih bekerja dan hanya ter-minimize saja.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Baterai Awet Android Cegah Mati Gaya

Aplikasi-aplikasi yang tidak menutup dengan sempurna tersebut lambat laun akan membebani kerja processor sehingga mengakibatkan smartphone Anda menjadi lemot. Makanya, rajin-rajinlah menutup semua aplikasi yang baru dibuka dengan menekan tombol minimize dan memilih opsi “Clear All”.

Jika B’Timers sudah melakukan tips android lemot setelah upgrade di atas namun tidak membuahkan hasil, tidak ada pilihan lain selain melakukan Factory Reset atau Pengesetan Ulang. Dan karena kemungkinan besar seluruh data Anda akan terhapus, jangan lupa untuk back-up data terlebih dulu ya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE