Ingress, Game AR yang Terasa Benar-Benar Nyata! | Breaktime
Ingress, Game AR yang Terasa Benar-Benar Nyata!
14.09.2015

Ingress merupakan game berbasis Augmented Reality (AR) yang diciptakan oleh Niantic Labs. Jika game lainnya akan membuat Anda diam di tempat ketika bermain, Ingress mewajibkan para gamer untuk berpindah lokasi ketika memainkannya.

Dibuat secara ekslusif untuk Android, Ingress merupakan permainan yang mengangkat fiksi ilmiah berbasis lokasi yang harus dimainkan secara multiplayer. Meskipun begitu, Ingress juga tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Apple iOS.

Cara install

Ingress, Game AR yang Terasa Benar-Benar Nyata!

Tak semua orang dapat dengan leluasa memainkan game AR ini, B’timers harus mendapatkan undangan terlebih dahulu untuk dapat memainkannya. Hal ini karena Ingress memang belum diluncurkan ke publik. Jadi, jika ingin mencoba ikut serta dalam Ingress, Anda harus mendapatkan undangan dari mereka yang telah memainkannya atau secara langsung meminta undangan dari official website Ingress.

Gameplay

Untuk memainkan Ingress, player harus menginstal terlebih dahulu peta lokasi yang mewakili daerah sekitarnya. Selanjutnya, membangun ‘portal’ di tempat-tempat yang memiliki nilai budaya, seperti monumen, museum, dan landmark, dan harus terhubung dengan GPS. Pemain harus benar-benar berada dekat dari lokasi untuk dapat membangun portal.

Meskipun terlihat mudah, namun tak sembarang portal dapat dibangun. Portal yang dibangun harus memenuhi syarat Exotic Material (XM). Portal akan memiliki predikat Enlighted dan Resistance, kemudian dihubungkan dengan portal lainnya untuk menciptakan ‘bidang kendali’ atas wilayah tersebut.

Devices

Ingress hanya dapat berjalan jika terdapat koneksi internet, baik dari WiFi maupun koneksi data smartphone Anda. Perangkat yang bisa digunakan pun tak sembarangan, hanya Android dengan versi 2.3 keatas serta iOS 7 dan 8 yang bisa menjalankannya.

Ingress di Indonesia

Ingress Enlightened Portal di Indonesia
Ingress Enlightened Portal di Indonesia

Jika selama ini Ingress hanya populer di negara asalnya, kini Ingress mulai memasuki Indonesia. Tak sedikit gamer Indonesia yang telah menerima undangan Ingress. Bahkan di Bundaran HI telah berdiri portal Resistance yang tentu saja telah disetujui Niantic sebagai sumber Exotic Material (XM) yang baik. Umumnya lokasi yang disetujui adalah lokasi dengan patung bersejarah seperti Monumen Nasional, Patung Pancoran, dan Patung Selamat Datang.

Saat ini, Ingress telah menyebar luas di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jogjakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali. Ingin ikut bertualang dan merasakan keseruan Ingress? Segera minta undangan pada rekan atau official website Ingress. Selamat bermain!

Share This Article