Ingin Password Aman dari Hack? Ini Caranya | Breaktime
Ingin Password Aman dari Hack? Ini Caranya
29.05.2016

B’timers tak jarang mengetahui kasus pembajakan akun sosmed, bukan? Atau bahkan mungkin, Anda sendiri juga pernah mengalaminya. Pasti rasanya sangat menyebalkan dan bikin kapok. Hacking atau pembajakan akun email maupun media sosial memang kerap kali dilakukan. Itulah mengapa, kata kunci atau password Anda sangat penting peranannya.

Agar sosmed serta email Anda aman dan tak mudah dibajak, ada trik-trik yang bisa dilakukan untuk lebih mengamankan akun Anda. Dengan melakukan trik-trik ini, Anda akan lebih terproteksi dan tak perlu khawatir lagi password Anda akan dibajak.

Mengganti password secara berkala

Agar password tak mudah di-hack, sebaiknya Anda secara berkala mengganti password Anda. Minimal 60 hari atau dua bulan sekali, gantilah password Anda dengan yang baru. Mungkin awalnya Anda akan merasa aneh karena tak biasa, namun Anda akan jadi terbiasa sendiri setelah melakukannya beberapa kali.

Ingin Password Aman dari Hack? Ini Caranya | Breaktime
Ganti password secara berkala supaya lebih aman

Menggunakan teknik geek

Kombinasi angka dan huruf memang bisa menjadikan password unik dan kuat, namun bisa tetap mudah diingat jika Anda memilih angka dan huruf yang mudah. Contohnya, Anda bisa memakai nama Anda, seperti “bUn64” atau “t0m1”. Bisa juga menggunakan kata-kata “password” sendiri dengan mengubahnya jadi “P@$$w0rd”. Tak sulit, kan?

Memakai singkatan

Cara ini bisa dipakai dengan teknik menggunakan setiap huruf depan dari sebuah kalimat yang umum. Jadi, password Anda adalah singkatan dari huruf depan kata-kata saja. Misalnya, “Aku Suka Makan Pie Apel”, buat jadi “AsMp4”. Memadukan angka dan huruf, serta memainkan huruf besar dan huruf kecil bisa jadi perpaduan yang serasi.

Nah, apakah Anda sudah pernah mencoba mengamankan password Anda seperti cara-cara di atas? Kalau belum, B’timers terapkan saja, supaya password jadi lebih aman dan tak galau dibajak lagi. (md)

Share This Article