Ilmuwan Bantah Sebuah Teori Punahnya Dinosaurus | Breaktime
Ilmuwan Membantah Sebuah Teori Punahnya Dinosaurus, B'timers!
04.01.2016

Perdebatan tentang punahnya dinosaurus sampai saat ini belum terpecahkan, mengingat di berbagai lokasi penemuan fosil terdapat beragam perbedaan. Ada juga teori yang menjelaskan punahnya dinosaurus dikarenakan herbivora mati keracunan oleh tanaman khusus.

 Ada yang menyebutkan bahwa dinosaurus punah karena datangnya sebuah meteor besar yang membuat bencana dahsyat di permukaan bumi. Perdebatan tersebut tak kunjung selesai, sampai akhirnya pada beberapa waktu yang lalu para ilmuwan mengeluarkan statement bahwa dinosaurus sebenarnya tidak mati dengan pendapat tersebut.

Menurut yang sudah digambarkan, meteor tersebut jatuh di daerah Mexico dan kemudian disusul dengan meletusnya gunung berapa sampai lahar pada perut bumi berhujanan keluar dari puncak gunung. Yang mengakibatkan cukup banyak dinosaurus mati karena tragedi tersebut.

Ilmuwan Bantah Sebuah Teori Punahnya Dinosaurus | Breaktime
Menurut para ilmuwan, butuh tragedi tambahan agar bisa membuat seluruh dinosaurus sirna

Akan tetapi, masih ada yang selamat dan berusaha bertahan dari bencana besar tersebut. Namun, karena udaranya yang tidak bersahabat serta banyak sekali tumbuhan yang mati dinosaurus herbovira akhrinya banyak yang mati. Setelah itu disusullah golongan karnivora dan omnivora yang mati.

Ketika diteliti ulang, ternyata pernyataan tersebut tidak cocok dan teori tersebut ditolak. Mereka beranggapan dinosaurus adalah mahluk yang kuat dan seharusnya masih banyak mereka yang ampibi atau hidup di laut yang masih bertahan hidup. Menurut beberapa ilmuwan, seharusnya cuaca ekstrim serta perubahan tak terkendali tersebut bisa diatasi oleh dinosaurus.

Selain itu, para ilmuwan juga menambahkan bahwa perubahan suhu serta awan gelap efek dari letusan tersebut paling lama hanya bertahan selama 50 tahun. Teori tersebut dicetuskan oleh ilmuan berdasarkan hasil simulasi dari Sophisticated computer software yang menciptakan secara detail gambaran kejadian tersebut.

Para ilmuwan mengkaji ulang untuk membenarkan teori tersebut. Melihat banyak bukti yang sudah ada pada teori meteor dan letusan tersebut, para ilmuwan berpendapat bahwa kematian dinosaurus tidak dikarenakan letusan dan efek pasca letusan. Yang membuatnya punah adalah kejadian setelahnya yang hingga kini masih diselidiki. | WSU

Share This Article