Ideatalks, Dunia Digital Kreatif Indonesia | Breaktime
Ideatalks, Dunia Digital Kreatif Indonesia
03.10.2016

Pada 23 September 2016, Ideafest 2016 menggelar Ideatalks dimana lebih dari 150 pembicara dari berbagai industri berbagi pengalaman dan inspirasi  dalam 9 kelas di Jakarta Convention Center.

What Defines Quality Content, Quality Over Quantity

Chandra Liow (Youtuber), Agung Hapsah (Youtuber) dan Bena Kribo (Indovidgram) menanggapi banyaknya konten viral yang belum tentu berkualitas, Bena memaparkan bahwa sebuah konten akan berkuaitas jika dipersiapkan dengan matang dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada sebuah platform.

Online Communities; What’s Next?      

Bangkitnya media sosial juga melahirkan banyak komunitas, di antaranya Indovidgram, Indovines, dan Dagelan yang sudah dikena di seluruh wilayah Indonesia, bahkan mancanegara.

Bank Loans for Start Up, Yes or No?

Menghadirkan pembicara dari beberapa lembaga pendanaan seperti Arif (Head of SME of BNI Bank), Winarti (Senior Vice President, Institutional Banking Group, Bank DBS), dan Warso Widanarto (Direktur Bisnis, LPDB KUMKM). Mereka bertiga sepakat bahwa bank hadir sebagai mitra yang mengajari para pelaku startup agar tertib dan disiplin secara administrasi.

Creativity in Leadership

Sebagai salah satu pendiri dan pastor JPCC (Jakarta Praise Community Church), Jose Carol menyampaikan ada lima tahap penting dalam kepemimpinan yang dapat mendatangkan influence, yaitu T(Terms and Conditions), R(Responsibility), U(Unshakeable), S(Space for Mistakes), T(True to yourself) yang disingkat dengan TRUST. Selain itu, kreativitas dan kepemimpinan saling mendukung untuk menciptakan influence pada lingkungan di sekitarnya.

The Bussiness of Beauty, Building Blocks and Happy Ending

Lizzie Parra dan Anggi Rassly berani putar haluan untuk merintis bisnis di dunia kecantikan, dimana Lizzie merilis koleksi lipstik bertajuk BLP Beauty dan Anggi Rassly dengan sulamalis.com. Bisnis Lizzie berkembang sangat pesat dengan banyaknya customer yang memesan produknya secara online.

Content Creator Confession

Bermula dari membagikan berbagai cerita kehidupan sehari-hari melalui social media, siapa sangka Andra Alodita, Tara Amelz dan Jenahara Nasution kini menjadi sosok selebriti online. Mereka bertiga sepakat bahwa pekerjaan ini masih tetap eksis dalam kurun waktu yang cukup lama.

Ideatalks, Dunia Digital Kreatif Indonesia | Breaktime
Pembicara yang berpengalaman

The Rise of Makers ; Don’t Follow, Create

Para pembicara yang hadir seperti Leonard Theosabrata dan Benny Fajarai berpendapat bahwa negara ini memiliki kesadaran yang amat lemah untuk berharap kepada industri di negara sendiri. Oleh karena itu, menurut Benny berhasil tidaknya apa yang diciptakan muncul dari keinginan untuk membentuk dan kesabaran untuk menciptakannya.

Reimagining Blue Bird

Saat ini Blue Bird sedang membenahi diri dari berbagai sisi. Dalam diskusi ini tidak hanya memerlukan perkembangan dari kendaraan, namun juga grooming bagi para sopir taksi sehingga juga memberikan kenyamanan terhadap para penumpang.

Skills to do a Weird Stuff, Go Places, or Stay Within

Ivandeva, seorang Food Photographer di Wanderbites Studio dan Fellexandro Ruby, seorang coach di Impact Factory menjelaskan hambatan yang sebenarnya adalah diri kita sendiri. Kita terlalu overanalyzes, terlalu banyak mempertimbangkan berbagai kemungkinan atau underanalyzes, yaitu terlalu sering meragukan kemampuan diri sendiri.

The Future of Social Media is Video

Adhini Putri selaku Head of Business Marketing Facebook Indonesia memberikan pernyataan bahwa bermula dengan memanfaatkan sosialisasi menggunakan media social dapat mempermudah para pemilik akun untuk memahami sesuai dengan tujuan dari visualisasi yang ingin disampaikan.

Winning E-Commerce in Niche Audience

Beberapa tips bagi para start up e-commerce yaitu memilih produk yang akan dijual yang benar-benar diminati oleh customer, fokus ke merchandise yang sulit dijual di tempat lain seperti toko.

Why We Should Fund You

Menurut Andi S. Boediman, Partner of Ideosource, kualitas sebuah startup menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis yang dapat bertahan lama. Memperbanyak jumlah startup namun cepat collapse hanya akan berdampak sia-sia. 

Salahkan Saja Agensinya

Keempat narasumber yang mewakili agency dan content creator: Crisela Magpayo-Cervantes (Mindshare), Garth Parlimbangan (VP of Client Services at Mirum Agency), Panji Hadinugraha (Mindshare), Vendryana Larasati (Indovidgram), berbagi pengalaman ketika menghadapi klien.

Ada tiga faktor mengapa agency seringkali disalahkan, yaitu brief yang tidak cukup jelas, hubungan antara klien dengan agensi baik secara profesional maupun pribadi, serta miskomunikasi saat berdiskusi. Untuk mengatasi hal tersebut, Garth Parlimbangan memiliki metode unik dimana pihak agency melakukan brainstorming bersama seluruh stakeholder.

Cara ini justru menyarankan untuk mencari tantangan yang dihadapi sang klien untuk dipecahkan bersama-sama sehingga dapat mempersingkat waktu dan pada akhirnya menumbuhkan kepercayaan antara klien, agency dan content creator. 

Ideatalks, Dunia Digital Kreatif Indonesia | Breaktime
Berbagi inspirasi bersama pakarnya

The Art of Instagram

Instagram merupakan salah satu platform terpopuler untuk berkarya sekaligus branding. Saat ini, konten di Instagram semakin banyak menunjukkan signature sehingga langsung menarik perhatian netizen hanya dengan sekali pandang. Nurfadli Mursyid dengan @tahilalats dan Sigit Tri Wibowo dengan @folksindonesia hadir dengan dua signature profile di Instagram yang digarap serius.

Indonesian Film: The Struggle Behind the Action

Sinema Indonesia kini mulai pasang kuda-kuda untuk meraih masa jayanya. Salah satunya dengan munculnya film “Ini Kisah Tiga Dara” yang merupakan remake dari film legendaris “Tiga Dara” yang telah melalui proses restorasi dan muncul di waktu yang cukup berdekatan.

Mobile is the New Primetime

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Oxydata tentang Global Video Index menunjukkan bahwa orang rata-rata menghabiskan 78 menit menonton konten video melalui perangkat mobile.

Ada beberapa poin yang bisa digarisbawahi dalam kaitannya dengan perkembangan mobile video ads, yakni:

1. Perangkat Mobile secara umum makin berkembang dalam tingkat konsumsi video

2. Bayak platform yang kini hadir dengan konsep video-friendly

3. In App Audience yang semakin mendekati skala TV

4. Waktu konsumsi video secara mobile makin melewati waktu konsumsi video dari TV

5. Mobile Video Ads membawa hasil dan ROI yang lebih baik 

Monetizing Social Enterprise

Salah satu pelaku Social Entrepreneurship Menurut Ivan Kolonas, CEO PT. Vasham Kosa Sejahtera yang memang bergelut di dalam Social Entrepreneurship mengungkapkan perlunya evaluasi terhadap berbagai hal yang dijalankan oleh Social Entrepreneur dan petani dalam model kanvas itu agar bisa menemukan problem yang dihadapi dan mencoba berbagai solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Media Shifting Beyond Newspaper

Perkembangan digital menyebabkan perubahan yang cukup drastis terhadap tingkah laku publik dalam mengkonsumsi media. Kini sebagian besar masyarakat menggunakan smartphone mereka sebagai tools utama dalam mengkonsumsi segala bentuk informasi. Perubahan landscape media ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan media cetak, melihat ads revenue pada media cetak menurun -7,8%.

Will Intellegent Replace Human’s Job

Ada 2 pendapat yang beredar mengenai perkembangan robot dimasa ini. Pendapat pertama meyakini bahwa manusia dan robot akan bisa berdampingan saling memenuhi dan bekerjasama sementara pendapat lainnya adalah manusia akan kehilangan dominasinya dan robot yang semakin canggih akan berkuasa dan mengambil alih pimpinan.

Lean in Circle (Woman in Bussiness)

Tiga perempuan: Helga Angelina, Evy Gozali dan Azalea Ayuningtias, berbisnis di bidangnya masing-masing: Helga dengan restoran Burgreens yang menyajikan makanan sehat dan organik, Evy yang memanfaatkan kebun anggur yang luas untuk dijadikan winery untuk Sababay Winery, dan Azalea yang menjual barang-barang anyaman dari daun lontar yang dibuat oleh ibu-ibu dan anak-anak di daerah untuk menambah penghasilan.

Share This Article