Alat Ini Bisa Kirim Informasi Menstruasi dari Miss V | Breaktime
Hmm, Alat Ini Bisa Kirim Informasi Menstruasi dari Miss V
13.10.2015

Semakin maju sebuah zaman, semakin tinggi peradaban dan teknologi, semakin banyak pula penemuan-penemuan baru yang terkadang aneh dan tidak masuk akal, misalnya saja Looncup ini. Alat ciptaan sebuah perusahaan bernama Loon Labs ini merupakan pendeteksi menstruasi yang terhubung melalui bluetooth dan datanya dapat diakses langsung di perangkat mobile penggunanya.

Bahkan, alat yang berbentuk mirip sebuah gelas kecil transparan ini dapat juga memberikan informasi detail lainnya, seperti volume darah yang dikeluarkan sampai dengan warnanya atau kekentalan darahnya.

Sayangnya, alat ini mungkin tidak dapat digunakan oleh wanita yang masih perawan, karena penggunaannya harus dimasukkan ke dalam lubang kewanitaan. Menurut peneliti sekaligus tim pembuatnya, Looncup ini dapat memberikan akses informasi sedetail-detailnya kepada wanita terkait kesehatan saat mereka menstruasi.

Alat Ini Bisa Kirim Informasi Menstruasi dari Miss V | Breaktime
Kabarnya, Looncup untuk sementara hanya dapat diaplikasikan pada perangkat besutan Apple saja

Ide awal pembuatan alat ini berasal dari seorang pria asal Korea Selatan bernama Hwang Ryong, yang mengetahui pacarnya mengalami kram yang sangat buruk saat menstruasi. Dikarenakan kejadian tersebut, Ryong kemudian membuat alat sederhana yang dapat dihubungkan pada smartphone untuk dapat mengontrol, memeriksa dan melihat siklus menstruasi pacarnya tersebut. Dari ide itu, maka terciptalah Looncup.

Cara kerja dari alat ini adalah sebagai penampung darah menstruasi sampai batas tertentu dan kemudian ada sensor khusus yang dapat mengirimkan informasi terkait apa yang ada di dalam gelas itu untuk dikirimkan dan dianalisis secara langsung oleh aplikasi yang sudah terinstal di dalam perangkat mobile, dalam hal ini adalah Apple iPhone.

Walaupun masih dalam tahap beta dan belum dirilis secara resmi, akan tetapi pro dan kontra terkait penciptaan Looncup mulai bergulir. Akan tetapi Loon Labs  tidak begitu memperdulikan hal tersebut dengan terus mencari dan menggalang dana untuk merealisasikan temuan mereka itu.

Bahkan, pembuat dari Looncup ini juga mengklaim bahwa suatu hari nanti, alat yang mereka kembangkan tersebut dapat menjadi alternatif pengganti untuk pembalut wanita atau juga tampon yang sekarang ini banyak digunakan. Tertarik menggunakannya, B’timers?

Share This Article