Head-to-Head, Samsung Galaxy A5 Vs Oppo R7 | Breaktime
Head-to-Head, Samsung Galaxy A5 Vs Oppo R7
03.10.2015

Seperti tidak ada kata cukup, sampai sekarang ini banyak vendor mobile di dunia yang terus memproduksi dan memasarkan gadgetterbarumereka. Dua di antaranya adalah Samsung dan Oppo.

Kedua perusahaan berbasis teknologi ini memiliki beragam produk perangkat mobile yang dilengkapi dengan segudang fitur atau fasilitas menarik lainnya. Jika B’timers menyadarinya, di penghujung tahun 2014 kemarin Samsung pernah merilis satu produk yang diberi nama Samsung Galaxy A5.

Produk yang diluncurkan untuk menyasar pasar mid-end ini memiliki beragam fasilitas menarik dan ditambah dengan harganya yang tidak semahal perangkat mobile kelas hi-end lainnya, membuat Galaxy A5 menjadi idola secara singkat.

Mungkin tidak mau kalah dengan apa yang terus dilakukan Samsung, Oppo di bulan Mei 2015 kemarin juga telah merilis produk mereka, yaitu Oppo R7. Pembuatan dan perilisan produk satu ini guna menyaingi perangkat-perangkat sejenis dari vendor lain yang juga memiliki kualitas dan fitur terbaik.

Melihat kedua produk tersebut, menurut B’timers, maka yang lebih unggul, Oppo R7 atau Samsung Galaxy A5? Ok, lets break down those gadget.

Eksternal

Dapat dikatakan kedua produk ini seimbang dari segi ergonomis desainnya
Dapat dikatakan kedua produk ini seimbang dari segi ergonomis desainnya

Dari segi desainnya, tidak ada perbedaan yang begitu mencolok antara Oppo R7 dengan Samsung Galaxy A5 ini. Akan tetapi jika dilihat dari sisi dimensi atau lebar, panjang dan ketebalannya, maka dapat dikatakan bahwa Galaxy A5 lebih kecil dibandingkan dengan R7, namun sedikit lebih tebal.

R7 memiliki ukuran 143 x 71 x 6,3 mm, sedangkan dimensi Galaxy A5 adalah 139,3 x 69,7 x 6,7 mm. Oppo R7 ini memiliki berat 147 gram dan A5 hanya 123 gram. Material yang digunakan keduanya sama, yaitu terbuat dari lapisan logam.Samsung A5 support untuk Nano-SIM, sedangkan Oppo R7 memiliki 2 slot untuk Nano-SIM dan Micro-SIM.

Layar

Layar milik Oppo R7 lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy A5
Layar milik Oppo R7 lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy A5

Layar yang digunakan R7 berjenis AMOLED berukuran 5 inci dengan resolusi sebesar 1080 x 1920 pixel dan memiliki kerapatan sebesar 445ppi, sedangkan layar yang dimiliki A5 adalah Super AMOLED dengan ukuran 5 inci, resolusi 720 x 1280 pixel dan mempunyai kerapatan 294ppi.

Keduanya juga menggunakan teknologi pengaman layar dari Corning, yaitu Gorilla Glass. Hanya saja R7 menggunakan seri 3, sedangkan produk dari Samsung itu memakai seri di atasnya, yaitu Gorilla Glass 4.Apabila dibandingkan dari segi ketajaman gambar yang ditampilkan, jelas layar milik Oppo R7 lebih unggul dibandingkan dengan Galaxy A5.

Internal

Bagian dalam keduanya juga masih terlihat imbang, karena masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan
Bagian dalam keduanya juga masih terlihat imbang, karena masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan

Kedua produk dari 2 vendor berbeda tersebut sama-sama menggunakan operating system Android 4 KitKat yang dapat diupgrade ke Lollipop. Hanya saja OS Android yang dipakai oleh R7 masih KitKat versi awal, sedangkan milik A5 sudah menggunakan seri 4.4.4.

Oppo R7 dilengkapi dengan prosesor 8-core, 1500 MHz, ARM Cortex-A53, 64-bit, chipQualcomm Snapdragon 615 8939 dan GPU Adreno 405, sedangkan Samsung Galaxy A5 memakai prosesor Quad core, 1200 MHz, ARM Cortex-A53, 64-bit, chipsetQualcomm Snapdragon 410 8916 dan GPU Adreno 306.

R7 dan A5 memiliki internal storage yang sama yaitu sebesar 16GB dan besarannya itu masih dapat ditambah lagi dengan menggunakan microSD atau microSDHC. Sedangkan untuk kapasitas RAM-nya, R7 lebih unggul dengan besara 3GB, sedangkan A5 hanya 2GB saja.

Kamera

Galaxy A5 hanya kalah dalam resolusi kamera depannya saja dengan R7
Galaxy A5 hanya kalah dalam resolusi kamera depannya saja dengan R7

Walaupun kedua produk ini dilengkapi dengan kamera belakang yang beresolusi sensor sebesar 13MP, akan tetapi untuk bagian depannya Oppo menyematkan lensa dengan resolusi sebesar 8MP, sedangkan Samsung Galaxy A5 hanya 5MP.

Untuk fasilitas pendukung lainnya, juga kualitas gambar atau video yang ditangkap menggunakan kameranya, kedua produk ini masih seimbang atau sama kuat.

Harga

Harga keduanya terpaut tidak begitu jauh dan kualitas serta fungsi yang ditawarkan sama-sama mumpuni
Harga keduanya terpaut tidak begitu jauh dan kualitas serta fungsi yang ditawarkan sama-sama mumpuni

Baik Oppo R7 atau juga Samsung Galaxy A5, memiliki harga yang kurang lebih sama, yaitu R7 dijual dengan harga sekitar Rp 4,9 jutaan, sedangkan A5 sekitar Rp 4 jutaan.

Lebihtertarik yang mananih, B’timers?

Share This Article